Foto: Ilustrasi

Dramatis, Persib Menang Tipis atas Bhayangkara FC

Oris Riswan

Rabu, 12 Oktober 2016 - 18:55 wib

BEKASI - Persib Bandung memenangkan laga dramatis saat menjamu Bhayangkara FC di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, Rabu (12/10/2016) sore WIB. Sempat tertinggal 0-1, Persib justru berbalik unggul menjadi 2-1 di akhir laga.

Dua gol Persib dicetak Zulham Zamrun dan tendangan penalti Vladimir Vujovic. Sementara Bhayangkara FC sempat unggul melalui gol Ilhamudin.

Jalannya pertandingan

Persib langsung menggebrak sejak peluit kick off dibunyikan wasit. Sejumlah serangan dengan mengandalkan sektor sayap yang ditunjang daya jelajah Robertino Pugliara dan Marcos Flores.

Bertubi-tubi serangan dilancarkan 'Maung Bandung'. Tapi lini pertahanan Bhayangkara FC yang digalang Otavio Dutra membuat serangan Persib sering termentahkan.

Berada dalam tekanan, Bhayangkara FC mencoba mengintip peluang dengan memanfaatkan serangan balik cepat. Tapi lini pertahanan Persib tampil penuh konsentrasi menghadang serangan Ilhamudin dan kawan-kawan.

Peluang emas pertama dalam laga itu dilepaskan Atep pada menit kelima melalui sepakan jarak jauh. Sayang bola hasil sepakannya tidak menembus sasaran.

Tak lama berselang, Robertino mendapat peluang di kotak penalti setelah lepas dari jebakan offside. Sial bagi Persib, bola hasil sepakannya melenceng tipis dari gawang.

Evan Dimas! Ia nyaris mencetak gol pada menit kedelapan melalui tendangan dari jarak seperempat lapangan. Beruntung bagi Persib, kiper M Natshir tampil sigap menepis tendangan mengejutkan tersebut.

Bermain dibawah dukungan penuh Bobotoh, skuad Persib tampil bersemangat melakukan serangan demi serangan. Tapi berbagai serangan yang ada tak mampu dimaksimalkan menjadi gol.

Sebaliknya, Bhayangkara FC berusaha bermain tenang dengan mengandalkan umpan panjang dan tendangan jarak jauh. Sesekali, mereka melakukan serangan balik yang sering membuat pertahanan Persib kerepotan.

Sementara meski mendominasi laga, berbagai serangan Persib sering berakhir sia-sia. Itu karena mayoritas serangan dirancang lewat sektor sayap dan diakhiri dengan umpan silang.

Benteng tangguh pertahanan Bhayangkara FC memberikan perlawanan sengit. Hasilnya, umpan silang Pesib mayoritas mampu dimentahkan.

Saat mendapat tekanan dari serangan balik cepat Bhayangkara FC, pertahanan Persib benar-benar diuji kecepatan Evan Dimas dan kawan-kawan. Hadangan keras pun berkali-kali harus dilakukan Vladimir Vujovic dan kawan-kawan.

Menit 27, Robertino Pugliara melepas umpan terukur di kotak penalti. Zulham Zamrun yang berada dalam sudut sempit memaksakan menendang bola. Tendangan Zulham pun membentur pemain belakang dan menghasilkan tendangan sudut.

Evan Dimas kembali mengancam pertahanan Persib pada menit 29. Ia merangsek dari sektor sayap ke area kotak penalti. Tapi kematangan Tony Sucipto mampu memutus pergerakan Evan Dimas.

Terus berada dalam tekanan 'Maung Bandung', pelatih Ibnu Grahan menarik Antoni Putro pada menit 30. Khairillah Abdelkabir pun masuk untuk memperkokoh sektor tengah Bhayangkara FC.

Menit 34, Robertino Pugliara melepas sundulan di kotak penalti setelah mendapat umpan silang dari Dias Angga. Gawang Bhayangkara FC masih aman. Bola sama sekali tidak membahayakan gawang.

Sulit menciptakan gol, pelatih Djadjang Nurdjaman melakukan perubahan skema. Robertino Pugliara dan Kim Kurniawan bertukar peran. Sesekali, Kim bahkan melakukan tusukan ke area kotak penalti Bhayangkara FC. Begitu juga Zulham yang berpindah ke sektor kanan dan Atep ke sektor kiri.

Menit 38, Tony Sucipto melepas sepakan dari sektor kanan Bhayangkara. Beruntung bagi Bhayangkara FC, kiper Wahyu Tri mampu menepis bola.

Vladimir Vujovic mencoba keberuntungannya pada menit 44 dengan melepas tendangan salto. Lagi-lagi, peluang terbuang percuma.

Babak pertama pun berakhir. Kedua tim harus puas berbagi angka 0-0.

1 / 2
klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 34
    2 Arsenal FC 31
    3 Liverpool 30
    4 Manchester City 30
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 34
    2 FC Barcelona 28
    3 Sevilla 27
    4 Athletic Madrid 25
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 36
    2 AS Roma 32
    3 AC Milan 32
    4 Napoli 28
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Red Bull Leipzig 33
    2 FC Bayern Munich 30
    3 Hertha BSC 27
    4 Hoffenheim 25