Gianluigi Buffon Raih Penghargaan Golden Foot 2016

Aditya Wahyutomo

Rabu, 12 Oktober 2016 - 05:26 wib

MONAKO—Penjaga gawang Timnas Italia dan Juventus, Gianluigi Buffon mendapat salah satu penghargaan bergengsi di dunia sepakbola, yakni Golden Foot. Seperti diketahui, penghargaan Golden Foot ditentukan berdasarkan voting yang dilakukan para fans.

Sebagai bentuk penghargaan, jejak kaki Gianluigi Buffon akan diabadikan di Monako. Buffon berhasil mengalahkan pemain bintang lainnya karena dinilai telah berada di puncak karier baik bersama Timnas Italia maupun Juventus.

Golden Foot adalah penghargaan untuk para pesepakbola yang berusia di atas 28 tahun. Selain itu pemain yang masuk dalam nominasi adalah pemain yang memiliki prestasi di dalam lapangan serta memiliki sikap yang ramah.

Ajang ini dikelola oleh organisasi World Champion Club yang dibina oleh Pangeran Albert II dari Monako. Sementara itu untuk tahun ini pemain yang masuk nominasi adalah Edinson Cavani, Frank Lampard, Iker Casillas, Kaka, Thiago Silba, dan Andrea Pirlo.

Berbeda dengan ajang lainnya, Golden Foot hanya bisa dimenangkan sekali. Samuel Eto’o, Andres Iniesta, dan Didier Droba adalah pemenang dakam tiga edisi terakhir.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 60
    2 Manchester City 52
    3 Tottenham Hotspur FC 50
    4 Arsenal FC 50
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 52
    2 FC Barcelona 51
    3 Sevilla 49
    4 Athletic Madrid 45
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 63
    2 AS Roma 56
    3 Napoli 54
    4 FC Internazionale Milano 48
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 50
    2 Red Bull Leipzig 45
    3 Borussia Dortmund 37
    4 Hoffenheim 37