Madura United (Foto: Saiful Bahri/Antara)

Jauhi Pesaing, MU Diingatkan Beratnya Persaingan di TSC 2016

Kukuh Setiawan

Selasa, 11 Oktober 2016 - 06:55 wib

MADURA - Madura United (FC) mendapat keuntungan setelah akhir pekan kemarin mengalahkan Persib Bandung 2-1. Posisi MU di klasemen sementara TSC 2016 sedikit menguat karena menjauh dari pesaing-pesaing di bawahnya.

Itu karena Arema Cronus dan Persipura Jayapura sama-sama mengalami kekalahan di pertandingan away mereka. Dengan mengoleksi 43 angka, kesenjangan MU dengan tim di bawahnya yakni Arema dan Persipura menjadi 4 angka.

Dengan situasi ini, tidak ada harapan lain dari MU selain menjaga konsistensi dan tidak lagi mudah didekati para pesaing. Apalagi tiga pertandingan ke depan cukup berat, yakni dua laga away kontra Persiba Balikpapan dan Bali United, serta kemudian menjamu Bhayangiara FC.

"Saya rasa pekan ini kami telah mendapatkan hasil dari kerja keras sekaligus keberuntungan. Kerja keras tim membuahkan kemenangan atas Persib, sedangan di sisi lain kami beruntung karena tim lain di bawah Madura United mengalami kekalahan," tukas CEO MU Achsanul Qosasi.

Walau demikian, pria bersapa AQ ini tidak menampik bahwa kemnangan atas Persib bukan berarti langkah ke depannya akan lebih musah. Melakoni dua pertandingan away secara berturut-turut menurutnya akan menjadi tantangan besar bagi tim berjuluk Sape Kerap.

"Tentu kami tidak akan berpuas diri dengan kemenangan itu, karena tiga pertandingan ke depan akan berat. Makanya saya selalu mengingatkan tim untuk selalu fokus dan stabil, karena perubahan di TSC sangat cepat dan apa pun bisa terjadi," beber dia.

Walau dua pertandingan ke depan, kontra Persiba dan Bali United, sebenarnya level MU lebih tinggi, AQ menyebut semua tidak bisa diprediksi berdasar level di klasemen. Dia menunjuk Arema Cronus dan Persipura yang takluk dengan tim yang jauh di bawahnya.

"Arema bisa kalah dari Persegres, sedangkan Persipura kalah dari Perseru. Itu menjadi pemikiran buat kami bahwa saat ini tidak bisa menjadikan posisi di klasemen sebagai patokan. MU harus benar-benar fokus dan siap untuk bertanding di mana saja," pungkas Achsanul Qosasi.

Untuk laga kontra Persiba mendatang, MU tidak bisa diperkuat kiper Joko Ribowo yang diganjar kartu merah kala menjamu Persib. Beruntungnya, kiper utama Hery Prasetya sudah menuntaskan tugasnya di tim nasional dan bisa dibawa ke Balikpapan.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 31
    2 Liverpool 30
    3 Manchester City 30
    4 Arsenal FC 28
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 33
    2 FC Barcelona 27
    3 Sevilla 27
    4 Athletic Madrid 24
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 33
    2 AS Roma 29
    3 AC Milan 29
    4 Lazio 28
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Red Bull Leipzig 30
    2 FC Bayern Munich 27
    3 Hertha BSC 24
    4 FC Koln 22