Ilustrasi.

Kepercayaan Diri Jaka Samudera Menanjak

Kukuh Setiawan

Minggu, 9 Oktober 2016 - 06:07 wib

GRESIK - Konfidensi Persegres Gresik United terus menanjak setelah dua kali memenangi laga kandang di Stadion Petrokimia. Setelah dua pekan lalu mengalahkan Barito Putera 2-1, pada Jumat 7 Oktober 2016 malam giliran Arema Cronus yang menjadi korban.

Kemenangan 1-0 atas Arema Cronus menjadi salah kemenangan paling legendaris musim ini setelah kemenangan Laskar Jaka Samudera atas Sriwijaya FC pada Juni silam. Kini harapan Persegres untuk menuju papan tengah mulai tumbuh lagi.

"Semoga dengan kemenangan ini tim bisa lebih percaya diri, terutama menghadapi dua pertandingan berat ke depan yakni melawan Sriwijaya FC dan Persib Bandung. Kemenangan atas Arema memberi kami keyakinan bahwa semua bisa terjadi," ungkap Pelatih Persegres Eduard Tjong.

Terlepas dari pentingnya kemenangan tersebut, ada beberapa catatan penting Persegres dengan kemenangan tipis atas Arema Cronus, yakni:

Rekor Kontra Tim Papan Atas

Kemenangan atas Arema Cronus merupakan kemenangan kedua menghadapi tim lima besar klasemen sementara ISC. Kemenangan lainnya adalah saat mengalahkan Sriwijaya FC 2-1 pada 12 Juni 2016 lalu di Stadion Petrokimia. Praktis dari tim lima besar klasemen, hanya Arema dan Sriwijaya yang sejauh ini bisa ditaklukkan tim kuning.

Clean Sheet

Tidak kebobolan saat menghadapi Arema Cronus merupakan clean sheet pertama Persegres dalam 10 pertandingan ISC 2016. Clean sheet alias tak kebobolan terakhir kalinya terjadi saat menahan imbang Mitra Kukar 0-0 di Stadion Petrokimia pada 27 Juli 2016 silam. Clean sheet ini sekaligus membuktikan ambisi Eduard Tjong untuk menambal lini belakang berjalan sesuai rencana.

Kemenangan Kandang Beruntun

Untuk kedua kalinya dalam musim ini atau di ISC 2016, Persegres mencatat kemenangan kandang secara beruntun. Pada putaran pertama lalu, Persegres pernah mengalahkan Sriwijaya FC dan Persib Bandung di laga kandang, sedangkan di putaran kedua ini Persegres mengalahkan Barito Putera dan Arema Cronus.

Tiga Pelatih Berbeda

Kemenangan atas Arema Cronus menjadikan Persegres sebagai tim yang bisa meraih kemenangan dengan tiga pelatih berbeda. Saat ditangani Liestiadi, Jaka Samudera menang lawan Persela Lamongan, Sriwijaya FC dan Persib Bandung. Saat Liestiadi mundur, pelatih caretaker Sasi Kirono sempat memberikan kemenangan 2-1 kala Persegres menjamu Barito Putera. Sementara kemenangan 1-0 atas Arema Cronus, tim ini sudah ditangani penuh Eduard Tjong.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 31
    2 Liverpool 30
    3 Manchester City 30
    4 Arsenal FC 28
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 33
    2 FC Barcelona 27
    3 Sevilla 27
    4 Athletic Madrid 24
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 33
    2 AS Roma 29
    3 AC Milan 29
    4 Lazio 28
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Red Bull Leipzig 30
    2 FC Bayern Munich 27
    3 Hertha BSC 24
    4 FC Koln 22