Ilustrasi. (Foto: Reuters)

Soccerpedia: Peralatan yang Dibutuhkan Wasit saat Memimpin Pertandingan

Riski Bayuni Sagala

Jum'at, 23 September 2016 - 14:17 wib

KEBERADAAN wasit tentu merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah pertandingan sepakbola. Bahkan dapat dikatakan bahwa sebuah laga resmi tak dapat digelar tanpa kehadiran seorang wasit. Namun ternyata ada beberapa peraturan terkait peralatan yang boleh dibawa oleh seorang wasit.

Menurut Law of The Game terbitan The International Football Association Board, seorang wasit diwajibkan untuk membawa empat barang yakni peluit, jam tangan, kartu merah dan kuning, serta sebuah buku tulis saku.

Buku tulis saku tersebut berguna untuk mencatat semua kejadian yang terjadi di dalam sebuah pertandingan. Selain keempat barang tersebut, seorang wasit juga diperkenankan membawa alat komunikasi untuk berkomunikasi dengan wasit lainnya.

Alat komunikasi tersebut dapat berbentuk bendera, headset, atau lonceng (digunakan untuk memberikan bunyi-bunyian sebagai tanda untuk wasit lainnya). Selain itu, seorang wasit juga diizinkan untuk membawa EPTS atau alat untuk memeriksa kondisi stamina seseorang.

The Law of The Game tidak hanya membahas mengenai hal-hal yang diizinkan untuk digunakan seorang wasit. Buku panduan tersebut juga berisi hal-hal yang dilarang dibawa dan dikenakan oleh wasit. Seorang wasit tidak diperbolehkan untuk mengenakan perhiasan dan membawa alat elekronik lainnya.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 18
    2 Tottenham Hotspur FC 14
    3 Arsenal FC 13
    4 Liverpool 13
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 14
    2 FC Barcelona 13
    3 Athletic Bilbao 12
    4 Sevilla 11
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 15
    2 Napoli 14
    3 AC Milan 9
    4 AS Roma 8
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 9
    2 Red Bull Leipzig 7
    3 FC Koln 7
    4 Borussia Dortmund 6