Perubahan Besar Arsenal di Tangan Arsene Wenger

Aditya Wahyutomo

Jum'at, 23 September 2016 - 11:44 wib

LONDON—Pelatih Arsenal, Arsene Wenger akan mengalami hari bersejarah pada 1 Oktober 2015. Hari tersebut bertepatan dengan 20 tahun kariernya sebagai pelatih Arsenal. Tentu telah banyak hal terjadi dengan Arsenal dalam kepemimpinan Wenger.

Wenger memang terkenal sebagai sosok yang tak hanya mengurusi klub di dalam lapangan, tetapi juga sangat bertanggung jawab dengan kondisi keuangan klub. Ia berusaha keras untuk menjaga Arsenal terlepas dari kebangkrutan bahkan ketika klub tengah berusaha untuk membangun stadion megah yang memaksa mereka melakukan pengiritan.

Wenger menyatakan bahwa Arsenal dahulu merupakan perusahaan kecil. Namun ia menjamin bahwa Arsenal saat ini merupakan perusahaan yang besar dan membuka banyak lapangan pekerjaan.

“Ketika saya datang di Arsenal, kami hanya memiliki 80 orang. Saat ini Arsenal mempekerjakan 600 orang. Kami menjadi perusahaan modern dan merupakan hierarki yang sangat terorganisasi,” ujar Wenger seperti diberitakan Mirror, Jumat (23/9/2016).

“Sekarang saya tak mengenal semua orang yang ada di sini. Dulu, saya bisa menyapa semua orang dengan nama mereka. Saat itu kami juga tak memiliki pusat latihan selain miliki universitas. Kami juga harus berbagi lapangan dengan para mahasiswa pada hari Rabu,” tambahnya.

“Kami telah berubah. Dahulu kami organisasi yang menjalankan sesuatunya dengan tradisional, kini kami adalah perusahaan modern,” tandasnya.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 18
    2 Tottenham Hotspur FC 14
    3 Arsenal FC 13
    4 Liverpool 13
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 14
    2 FC Barcelona 13
    3 Athletic Bilbao 12
    4 Sevilla 11
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 15
    2 Napoli 14
    3 AC Milan 9
    4 AS Roma 8
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 9
    2 Red Bull Leipzig 7
    3 FC Koln 7
    4 Borussia Dortmund 6