Gabriel Batistuta (Foto: AFP)

Top Soccer: Lima Pesepakbola Argentina yang Sukses di Serie A

Daniel Setiawan

Kamis, 22 September 2016 - 17:39 wib

LIGA Inggris mungkin dalam kurun waktu 10 tahun terakhir pamornya mengalahkan Serie A, La Liga, dan banyak liga di Eropa lainnya. Berbagai pesepakbola kelas dunia berkompetisi di level tertinggi sepakbola Negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Meski Liga Inggris begitu bergengsi dan prestisius, bukan berarti liga sepakbola di negara lain tidak menarik perhatian pemain-pemain kelas dunia. Salah satu liga yang juga menarik perhatian nama-nama besar adalah Serie A.

Hingga saat ini berbagai pemain kelas dunia banyak yang memilih untuk menjalani kariernya di Negeri Menara Pisa. Sebenarnya sejak dulu pun, banyak nama-nama tenar yang mengilapkan kompetisi Serie A.

Salah satu negara penyumbang pemain kelas dunia di ajang Serie A yakni Argentina. Bahkan di era modern saat ini, pemain asal Argentina seperti Paulo Dybala dan Gonzalo Higuain merupakan salah satu yang terbaik di Serie A.

Akan tetapi baik Dybala maupun Higuain belum mencapai level kesuksesan seperti lima nama yang dirangkum Okezone berikut ini.

5. Enrique Omar Sivori

Pemain kelahiran San Nicolas, 2 Oktober 1935 tersebut merupakan salah satu pemain yang menapaki sukses di ajang Serie A. Sivori mengawali karier sepakbolanya di River Plate. Selama periode 1954 hingga 1957 penampilannya begitu memukau bersama River Plate.

Juventus lalu kepincut dan sukses memboyongnya pada 1957. Bersama Si Nyonya Tua, Sivori bisa dikatakan menjalani puncak kariernya. Ia mempersembahkan total enam gelar, termasuk tiga gelar Serie A. Ia lalu dijual ke Napoli pada 1965. Sivori meninggal pada 17 Februari 2005.

4. Juan Sebastian Veron

Salah satu pemain asal Argentina yang namanya begitu terkenal. Veron mengawali kariernya di Italia pada 1996 bersama Sampdoria. Tercatat setelah itu, ia lalu pindah ke tiga klub Serie A berbeda yakni Parma, Lazio, dan Inter Milan.

Total dari empat klub yang ia bela, hanya bersama Lazio, Parma, dan Inter Milan-lah ia sukses mengangkat trofi juara. Bersama Parma ia menyumbangkan dua gelar, lalu bersama Lazio dan Inter ia memenangkan masing-masing empat gelar.

1 / 2
klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 18
    2 Tottenham Hotspur FC 14
    3 Arsenal FC 13
    4 Liverpool 13
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 14
    2 FC Barcelona 13
    3 Athletic Bilbao 12
    4 Sevilla 11
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 15
    2 Napoli 14
    3 AC Milan 9
    4 AS Roma 8
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 9
    2 Red Bull Leipzig 7
    3 FC Koln 7
    4 Borussia Dortmund 6