Saddil Ramdani Menjadi Kunci Kemenangan 4-3 Indonesia atas Kamboja

Leonardus Selwyn Kangsaputra

Selasa, 20 September 2016 - 21:16 wib

HANOI – Memasuki babak kedua, tensi permainan semakin memanas. Kedua tim saling melakukan jual beli serangan. Kali ini peran Saddil Ramdani menjadi kunci kesuksesan Indonesia. Ia sukses mencetak tiga gol dalam pertandingan melawan Kamboja. Gol terakhirnya pada menit 90 sukses mengantarkan Tim Merah Putih menuju kemenangan.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Bermain di Vietnam tampaknya tidak menciutkan mental Timnas Indonesia untuk menggempur lini pertahanan Kamboja. Sejumlah serangan-serangan kecil mulai dilancarkan kedua tim untuk mencari tempo permainan.

Pada menit ketujuh, Vietnam sukses membuka keunggulan usai mengandalkan kelengahan lini belakang Indonesia. Sodavid berhasil menceploskan si kulit bundar ke gawang Indonesia memanfaatkan tendangan bebas.

Tempo permainnan tampaknya masih belum ditemukan kedua belah tim. Umpan-umpan jauh diberikan untuk melancarkan serangan. Namun kedua tim belum mampu mengonversi sejumlah peluang menjadi gol tambahan.

Menit 30 Indonesia berhasil menyamakan kedudukan berkat umpan yang diberikan pemain tengah pasukan Garuda Muda. Muhammad Rafli yang bebas dari kawalan pemain belakang Kamboja sukses melakukan tembakan keras tempat ke mulut gawang.

Selang dua menit kemudian tepatnya pada menit 32, Indonesia sukses menambah pundi-pundi gol. Kali ini Saddil Ramdani menjadi eksekutor gol kedua bagi pasukan Garuda. Sontekannya ke sisi kanan gawang Kamboja sukses membalikkan keadaan menjadi skor 2-1.

Babak Kedua

Merasa tertinggal satu poin, Kamboja mulai meningkatkan intensitas menyerangnya. Beberapa umpan keras tepat di muka gawang langsung disodorkan para pemain Kamboja. Meski demikian, pemain belakang Indonesia masih mampu mengantisipasi ancaman yang diberikan dari kubu lawan.

Pada menit 57, Indonesia sukses menambah pundi-pundi gol. Saddil Ramdani berhasil menciptakan gol keduanya memanfaatkan umpan panjang dari tengah lapangan. Ramdani yang lolos dari pengawalan pemain Kamboja langsung menembakkan tendangan keras tepat ke gawang Sokundara.

Memasuki menit 68, Kamboja mulai mengejar ketertinggalan dengan gol yang diceploskan Yue Safy. Memanfaatkan umpan jauh tepat di dekat area kotak penalti Indonesia, Safy langsung melakukan tembakan keras tanpa ampun ke gawang Raharjo.

Pada menit 73, Kamboja berhasil menyamakan kedudukan lewat tendangan penalti yang dilakukan Long Phearath. Ia berhasil menembakkan bola ke tengah gawang tanpa mampu dibaca pergerakannya oleh Sokundara. Skor 3-3 menghiasi pertandingan Indonesia vs Kamboja di Vietnam.

Di menit 90, Saddil Ramdani berhasil mencetak hattrick. Usai terjadi perebutan bola yang sangat sengit di area kotak penalti. Penyerang Pasukan Garuda itu melakukan tembakan sangat keras menuju pojok kanan bawah gawang Kamboja tanpa mampu dihalau Sokundara.

Gol terakhir di menit- menit akhir ini mengantar Pasukan Merah Putih memenangkan pertandingan yang berlangsung di YFTC Hanoi dengan skor 4-3.

Susunan Pemain:

Indonesia: Raharjo; Satriya, Adi Nugroho (C), Saepuloh, Habibi; Lestaluhu, Wardana, Mangkualam Bahar; Slamat, Ramdani, Rafli.

Kamboja: Sokundara; Sen, Saffy, Baraing, Vahed (C); Noeut, Ravan, Sodavid; Meng, Chanpolin, Porwuthy.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 18
    2 Tottenham Hotspur FC 14
    3 Arsenal FC 13
    4 Liverpool 13
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 14
    2 FC Barcelona 13
    3 Athletic Bilbao 12
    4 Sevilla 11
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 15
    2 Napoli 14
    3 AC Milan 9
    4 AS Roma 8
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 9
    2 Red Bull Leipzig 7
    3 FC Koln 7
    4 Borussia Dortmund 6