Soccerpedia: Asal Usul Sebutan si Ular untuk Inter Milan

Leonardus Selwyn Kangsaputra

Selasa, 20 September 2016 - 18:07 wib

INTER MILAN merupakan salah satu klub papan atas Italia di kasta Serie A. Klub yang berbasis di Milan ini dipresideni oleh seorang pengusaha asal Indonesia, Eric Thohir. Inter memiliki banyak sekali julukan, seperti I Nerazzurri (Si Hitam Biru), La Beneamata (yang Tersayang) dan Il Biscone (Si Ular Raksasa).

Meski demikian, sebutan Nerazzurri atau si hitam biru selama ini lebih populer ketimbang julukan yang lain, merujuk kepada warna kostum yang dikenakan para pemain kala merumput di lapangan. Sejumlah masyarakat masih kurang memahami arti julukan lain, terutama dengan Il Biscone. Karena itu, melalui artikel ini Okezone akan mengupas sejarah singkat mengenai asal mula julukan Si Ular Raksasa untuk Inter.

Julukan Il Biscione untuk Inter sangat erat kaitannya dengan Kota Milan. Biscione (Ular Raksasa) diketahui merupakan lambang Ibu Kota Milan. Dalam lambang tersebut terlihat seekor ular besar tengah mencaplok seorang anak kecil, lambang tersebut merupakan lambang Visconti selama berabad-abad lalu.

Menurut legenda, ada seorang uskup agung bernama Ottone Visconti pada abad 1100 yang sangat menentang terjadinya Perang Salib. Ia memimpin warga Milan untuk mengepung Yerusalem dan menantang seorang prajurit yang terkenal sangat kejam bernama Saracen Volunce.

Saat itu Volunce mengenakan jubah dengan gambar seekor ular besar yang melahap seorang pria. Pertarungan dimulai hingga akhirnya Visconti memenangkan pertandingan dan membawa senjata serta lambang jubah Volunce menuju Milan.

Akhirnya Inter pun memutuskan untuk mengadopsi lambang dari mantel Volunce sebagai simbol perjuangan yang dilakukan Visconti. Simbol tersebut dikenal sebagai House of Visconti dan kerap disebut Biscone yang menjadi simbol Ibu Kota Milan hingga saat ini.

Selain Inter, lambang Ular juga digunakan oleh berbagai brand lain, seperti mobil Alfa Romeo dan stasiun televisi di Italia, Canale 5.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 18
    2 Liverpool 16
    3 Tottenham Hotspur FC 14
    4 Arsenal FC 13
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 14
    2 FC Barcelona 13
    3 Athletic Bilbao 12
    4 Sevilla 11
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 15
    2 Napoli 14
    3 AC Milan 9
    4 AS Roma 8
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 9
    2 Red Bull Leipzig 7
    3 FC Koln 7
    4 Borussia Dortmund 6