Trofi Ballon d'Or (Foto: AFP)

Lepas dari FIFA, Aturan Pemilihan Ballon d'Or Berubah

Zanel Farha Wilda

Selasa, 20 September 2016 - 14:06 wib

PARIS - Peraturan pemilihan penghargaan Ballon d’Or atau gelar pemain terbaik dunia dipastikan tidak akan sama lagi. Perubahan peraturan ini terjadi menyusul terlepasnya Ballon d’Or dari badan sepakbola dunia, FIFA.

Pada Jumat 16 September 2016 waktu setempat, FIFA mengakhiri hubungan kerjasama dengan Football France terkait FIFA Ballon d’Or. FIFA belum memutuskan penghargaan lain yang akan dibuat kemudian.

Sebagaimana diberitakan Goal, Selasa (20/9/2016), meski tak lagi di bawah naungan FIFA, penghargaan Ballon d’Or tetap akan dijalankan oleh Football France. Dalam hal ini, Football France menerapkan aturan baru dengan menghapus aturan yang sebelumnya diterapkan FIFA.

Salah satu yang dihilangkan adalah voting yang dilakukan oleh pelatih dan kapten tim. Mulai saat ini, voting Ballon d’Or akan sepenuhnya dilakukan secara eksklusif oleh kelompok jurnalis internasional yang terpilih.

Jumlah pemain dalam nominasi yang akan dipilih dalam voting nantinya akan berjumlah 30, meningkat dari jumlah yang ada dalam edisi-edisi sebelumnya. Football France juga akan menghilangkan pengumuman pemain yang masuk tiga besar.

Pemenang Ballon d’Or dan daftar ranking pemain terbaik akan diumumkan Football France pada kalender akhir musim. Hal ini tentu berbeda dari kebiasaan FIFA yang sebelumnya menggelar FIFA Ballon d’Or pada Januari.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 18
    2 Tottenham Hotspur FC 14
    3 Arsenal FC 13
    4 Liverpool 13
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 14
    2 FC Barcelona 13
    3 Athletic Bilbao 12
    4 Sevilla 11
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 15
    2 Napoli 14
    3 AC Milan 9
    4 AS Roma 8
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 9
    2 Red Bull Leipzig 7
    3 FC Koln 7
    4 Borussia Dortmund 6