(Ilustrasi Okezone)

Gol Tunggal Miftahul Hamdi Bikin Persib Tersungkur di Bali

Oris Riswan

Minggu, 18 September 2016 - 21:21 wib

GIANYAR - Bali United mengalahkan Persib Bandung dengan skor 1-0 dalam laga yang digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (18/9/2016) malam. Gol tunggal kemenangan Bali United dicetak Miftahul Hamdi di babak kedua.

Kekalahan itu membuat Persib semakin menderita. Apalagi dalam laga sebelumnya Persib juga kalah 0-3 saat dijamu Sriwijaya FC akhir pekan lalu.

Sebaliknya, Bali United mengobati kekecewaannya setelah dalam laga terakhirnya kalah 0-4 oleh Pusamania Borneo FC. Yang menarik, kemenangan atas Persib jadi yang pertama bagi Bali United setelah dalam lima pertemuan sebelumnya Bali United kalah empat kali dan imbang sekali.

Jalannya pertandingan

Permainan kedua tim lebih terbuka di babak kedua. Persib yang tampil lebih bertahan di babak pertama, kali ini bermain lebih menyerang. Dua peluang pun didapat Persib melalui sepakan Samsul Arif di awal-awal babak kedua. Tapi tak ada satu pun yang mampu dikonversi menjadi gol.

Miftahul Hamdi menerobos pertahanan Persib pada menit 49. Setelah masuk ke kotak penalti, ia sempat meliuk-liuk untuk mengelabui pemain belakang Persib. Ia pun mengakhiri serangan dengan sepakan. Sayang bola membentur pemain belakang Persib.

Persib merespon melalui serangan balik yang diakhiri sepakan Zulham pada menit 51 dari luar kotak penalti. Sial bagi Persib, kiper Rully Desrian tampil sigap menangkap bola hasil sepakan Zulham.

Pelatih Indra Sjafri merespon mandulnya serangan Bali United dengan menarik I Made Wirahadi pada menit 52. Yabes Roni pun masuk untuk menambah daya gedor 'Serdadu Triadu'.

Gol! Bali United membuat seisi stadion bergemuruh pada menit 55 melalui sepakan Miftahul Hamdi. Gol berawal dari tendangan keras Zoran Knezevic dari luar kotak penalti. Bola ditepis kiper I Made Wirawan. Tapi bola liar di kotak penalti langsung disambar Miftahul Hamdi. 1-0 Bali United memimpin.

Setelah unggul, Bali United menambah determinasi serangan. Permainan cepat diperagakan Syakir Sulaiman dan kawan-kawan. Sebaliknya, Persib bertambah panas untuk mengejar ketertinggalan skor.

Merespon kekalahan, pelatih Djadjang Nurdjaman menarik Marcos Flores pada menit 56. Robertino Pugliara pun masuk ke lapangan.

Menit 60, David Laly mengirim umpan ke kotak penalti melalui tendangan bebas. Bola langsung disambar Samsul Arif dengan sepakan first time. Tapi bola melebar dari sasaran.

Tempo permainan kedua tim pun semakin meningkat. Jual-beli serangan terjadi di lapangan diselingi hadangan-hadangan keras pemain dari kedua kubu.

Untuk menambah daya gedor Persib dari sektor sayap, Atep dimasukkan pada menit 66 menggantikan Zulham Zamrun.

Bali United nyaris menambah keunggulan pada menit 66 melalui Sukadana. Sepakan jarak jauhnya yang lebih dulu mengenai pemain belakang Persib nyaris menjebol gawang. Sial, bola melenceng tipis dari sasaran.

Pergantian terakhir dilakukan kedua tim. Menit 76, Persib menarik David Laly untuk digantikan Taufiq. Di kubu Bali United, I Gede Sukadana yang cedera digantikan Hendra Sandi pada menit 77.

Serangan kedua tim pun terus bergulir hingga akhir babak kedua. Tempo permainan pun semakin meningkat. Tapi hingga akhir laga, tak ada gol tambahan yang tercipta. Bali United pun keluar sebagai pemenang.

Susunan pemain

Bali United: Rully Desrian (GK), Hasyim Kipuw, Abdul Rahman (42' Agus Nova), Ahn Byung Keon, Alsan Sanda Putra, Zoran Knezevic, Syakir Sulaiman, I Gede Sukadana (77' Hendra Sandi), Miftahul Hamdi, I Made Wirahadi (52' Yabes Roni), Daniel Heffernan

Pelatih: Indra Sjafri

Persib: I Made Wirawan (GK), Jajang Sukmara, Yanto Basna, Tony Sucipto, Dias Angga, Hariono (C), Kim Kurniawan, David Laly (76' Taufiq), Marcos Flores (56' Robertino Pugliara), Zulham Zamrun (66' Atep), Samsul Arif

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 18
    2 Tottenham Hotspur FC 14
    3 Arsenal FC 13
    4 Liverpool 13
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 14
    2 FC Barcelona 13
    3 Athletic Bilbao 12
    4 Sevilla 11
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 15
    2 Napoli 14
    3 AC Milan 9
    4 AS Roma 8
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 9
    2 Red Bull Leipzig 7
    3 FC Koln 7
    4 Borussia Dortmund 6