Persela (Foto: ANTARA/M Risal Hidayat)

Persela Harus Tetap Positif

Kukuh Setiawan

Minggu, 18 September 2016 - 04:55 wib

LAMONGAN--Kembali gagal mengamankan kemenangan di kandang, Persela Lamongan diminta untuk tetap berpikir positif. Pergantian pelatih dengan dengan datangnya Aji Santoso tidak bisa langsung memberikan efek signifikan setelah ditahan Persija Jakarta, Jumat (16/9) malam.

Kendati gagal mempersembahkan tripoin dalam debutnya di Stadion Surajaya, Aji Santoso tidak merasa cemas. Dia bahkan menilai ada peningkatan performa tim Laskar Joko Tingkir terlepas dari permainan yang sedikit bertahan dan hanya mengemas satu angka.

"Saya bukan seorang tukang sulap yang menjadikan tim sempurna dalam sekejap. Semua tentu butuh proses dan adaptasi strategi, apalagi saya baru tiga hari melatih tim Persela. Saya melihat ada progres dari permainan anak-anak walaupun hasilnya tak sesuai harapan," tutur Aji Santoso.

Dia menginginkan tim maupun supporter untuk tetap berpikir positif dan optimistis menyambut pertandingan berikutnya. Aji berjanji akan terus menggembleng pemainnya dengan latihan intensif agar bisa mencerna strategi yang diusungnya dengan baik.

"Saya pelatih baru, ada juga pemain baru, sehingga semuanya tidak bisa nyetel dalam waktu singkat. Yang jelas memang tim ini harus bekerja keras meningkatkan standar permainan, karena akan banyak lawan yang lebih berat yang akan kami hadapi," demikian Aji.

Pada pertandingan kontra Persija, Aji Santoso memperkenalkan pemain anyar yakni Mahrus Bachtiar sebagai centre back. Pemain yang baru bergabung dua hari sebelum pertandingan ini membuat Aji tersenyum karena menunjukkan potensi besar dalam mengawal pertahanan.

Salah satu agenda penting Aji Santoso selanjutnya adalah mengasah naluri atau produktivitas pemain depan. Dendi Sulistyawan dan Ivan Carlos gagal menyarangkan bola ke jala Andritany meski berkali-kali memperoleh peluang emas di depan gawang.

Duet Dendi-Carlos sekilas menjanjikan karena mampu membuat ancaman serius ke gawang lawan. Hanya saja keduanya belum benar-benar padu dan seringkali tidak sinkron dalam menyusun serangan. Maklum, Ivan Carlos sendiri baru bergabung dengan Persela Lamongan.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 18
    2 Tottenham Hotspur FC 14
    3 Arsenal FC 13
    4 Liverpool 13
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 14
    2 FC Barcelona 13
    3 Athletic Bilbao 12
    4 Sevilla 11
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 15
    2 Napoli 14
    3 AC Milan 9
    4 AS Roma 8
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 9
    2 Red Bull Leipzig 7
    3 FC Koln 7
    4 Borussia Dortmund 6