Arema (Foto: Situs resmi Arema)

Hadapi Bhayangkara FC, Arema Miskin Winger

Kukuh Setiawan

Sabtu, 17 September 2016 - 07:14 wib

SIDOARJO - Menantang tuan rumah Bhayangkara FC di Gelora Delta Sidoarjo, Sabtu (17/9/2016) malam WIB, Arema Cronus kembali menghadapi tipisnya skuad. Posisi paling minim saat ini adalah winger atau penyerang sayap karena Arif Suyono mengalami gangguan hamstring.

Dari 18 skuad yang dibawa ke Sidoarjo, praktis hanya ada tiga pilihan di bagian sirip yakni Okto Maniai, Sunarto dan Esteban Vizcarra. Khusus Esteban yang belakangan diplot sebagai gelandang tengah, kemungkinan besar kembali digeser sebagai winger.

Itu karena stok di lini tengah masih memadai dengan kedatangan Nick Kalmar yang baru diperkenalkan sebagai pemain anyar. Tentu Pelatih Milomir Seslija ingin keterbatasan di sektor sayap tidak mengurangi efektivitas permainan, terutama dalam membuka peluang.

"Ternyata kami masih terus berhadapan dengan cedera pemain. Setelah Raphael Maitimo dan Johan Alfarizie terkena akumulasi kartu kuning, Arif Suyono juga cedera. Semoga komposisi yang kami turunkan nanti tetap efektif dan berjalan sesuai rencana," ungkap Milomir Seslija.

Walau ada tiga pilihan sebagai winger, bukan perkara mudah untuk memilih mereka. Sunarto selama ini hanya efektif ketika diturunkan sebagai pemain pengganti, sementara Okto Maniai masih belum menemukan performa terbaiknya di dua laga bersama Singo Edan.

Praktis hanya Esteban Vizcarra yang penampilannya bisa diharapkan memberikan kontribusi maksimal. Kendati demikian, Milo optimistis pilihannya nanti akan sesuai kebutuhan Arema, sekaligus meminta pemain untuk fokus dalam menunjukkan kemampuan maksimal.

Soal kualitas Bhayangkara FC, pelatih asal Bosnia tersebut mengakui lawan memiliki skuat muda yang bagus, seperti contohnya Evan Dimas. Namun mengingat Arema pernah mengalahkan Bhayangkara 3-0 di Kanjuruhan, kans untuk meraup tiga angka masih terbuka. "Saya yakin Arema bisa menang," tandasnya.

Sementara itu, kapten tim Arema Hamka Hamzah mengajak rekan-rekannya untuk tidak kehilangan angka lagi di laga tandang. Sudah empat pertandingan Arema tidak pernah mengakuisisi angka absolut ketika menjalani pertandingan away.

"Pergerakan di papan atas klasemen berubah dengan cepat dan Arema tidak boleh kehilangan banyak angka lagi. Bhayangkara FC tim yang solid dan juga mengejar posisi papan atas, jadi semua pemain harus memberilan perlawanan terbaiknya di Sidoarjo," demikian Hamka.

Dalam pertarungan di Sidoarjo, Singo Edan tidak akan didukung langsung suporter Aremania. Panitia Penyelenggara (Panpel) Pertandingan Bhayangkara FC tak mengizinkan Aremania datang ke Sidoarjo karena alasan keamanan.

Panpel sudah mengirimkan surat ke pihak Arema Cronus soal pelarangan tersebut. Latar belakangnya adalah fakta bahwa Sidoarjo dekat dengan Surabaya yang menjadi habitat Bonek. Apalagi belum lama ini sempat terjadi friksi antara Aremania dengan supporter Madura United.(kukuh setyawan)

Prakiraan Formasi Arema:

Ahmad Kurniawan (gk), Benny Wahyudi, Hamka Hamzah, Goran Gancev, Syaiful Indra; Juan Revi, Nick Kalmar, Marcio Teruel; Esteban Vizcarra, Cristian Gonzalez, Okto Maniai.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 18
    2 Tottenham Hotspur FC 14
    3 Arsenal FC 13
    4 Liverpool 13
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 14
    2 FC Barcelona 13
    3 Athletic Bilbao 12
    4 Sevilla 11
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 15
    2 Napoli 14
    3 AC Milan 9
    4 AS Roma 8
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 9
    2 Red Bull Leipzig 7
    3 FC Koln 7
    4 Borussia Dortmund 6