(Foto: Ilustrasi Okezone)

Hadapi Persija, Persela Urung Menang

Kukuh Setiawan

Sabtu, 17 September 2016 - 00:25 wib

LAMONGAN - Aji Santoso gagal mencatat debut gemilang bersama Persela Lamongan. Pada pertandingan kontra Persija Jakarta di Stadion Surajaya, Jumat 16 September 2016 malam, Persela urung mengemas kemenangan walau sempat unggul di babak pertama dan tertahan dengan skor 1-1.

Gol bunuh diri Rendika Rama menit 31 sempat memunculkan asa bagi publik Lamongan yang berharap ada gol tambahan di babak kedua. Tapi yang terjadi ternyata tak sesuai ekspektasi karena pemain belakang Persela Ramadhan Saputra juga melakukan gol bunuh diri menit 57.

Persija layak berterima kasih pada kiper Andritany yang bermain impresif walau kecolongan satu gol. Setidaknya enam peluang tuan rumah yang mengarah ke gawang berhasil dimentahkan kiper ini. Sangat layak dia disebut sebagai penampil terbaik di Surajaya.

Sepanjang 45 menit pertama, sebenarnya Persija Jakarta mencoba bermain berani dan berupaya mendominasi permainan. Memang, dari penguasaan bola, Persija secara mengejutkan lebih unggul dibanding tuan rumah yang hanya memanfaatkan serangan balik.

Walau begitu, Laskar Joko Tingkir lebih banyak memiliki potensi mencetak gol dengan tiga kali melakukan tendangan ke gawang. Dendi Sulistyawan, Hedipo Gustavo dan Choi Hyun memberi tes untuk kiper Persija Andritany. Menit 31' Choi beruntung menaklukkan kiper tim nasional tersebut.

Tendangan kerasnya berbelok arah karena membentur badan Rendika Rama, sehingga terlalu sulit untuk diantisipasi Andritany. Persija sendiri sepanjang babak pertama hanya sekali melakukan shot on target, yakni melalui tendangan bebas Ismed Sofyan.

Pertahanan Persela terbilang cukup tabah dalam meladeni tekanan demi tekanan Macan Kemayoran. Paling tidak hingga babak pertama usai, taktik bertahan rapat dan serangan balik yang diterapkan Aji Santoso membuahkan hasil dengan keunggulan satu bola.

1 / 2
klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 18
    2 Tottenham Hotspur FC 14
    3 Arsenal FC 13
    4 Liverpool 13
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 14
    2 FC Barcelona 13
    3 Athletic Bilbao 12
    4 Sevilla 11
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 15
    2 Napoli 14
    3 AC Milan 9
    4 AS Roma 8
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 9
    2 Red Bull Leipzig 7
    3 FC Koln 7
    4 Borussia Dortmund 6