Foto: Ilustrasi

Hadapi Arema, BFC Dihantui Rekor Janggal

Kukuh Setiawan

Kamis, 15 September 2016 - 06:52 wib

SIDOARJO - Bhayangkara FC (BFC) dibayangi catatan kurang bagus jelang laga kontra Arema Cronus. Catatan rekor BFC agak janggal sepanjang gelaran TSC 2016 karena justru lebih sering kehilangan angka di kandang sendiri yakni Gelora Delta Sidoarjo.

Sejauh ini BFC sudah kehilangan angka sebanyak lima kali di Kota Udang, yakni kalah tiga kali saat bertemu Sriwijaya FC, Madura United, serta Persipura Jayapura. Dua hasil lainnya berakhir imbang, kontra PS TNI di putaran pertama dan Barito Putra pekan lalu.

Bandingkan dengan catatan away mereka. Tim asuhan Ibnu Grahan hanya dua kali kehilangan poin, yaitu ketika dikalahkan Semen Padang dan imbang saat berkunjung ke markas Pusamania Borneo FC. Rekor itulah yang menjadikan BFC belum bisa dibilang di atas angin jelang bersua Arema.

Ibnu sendiri rupanya tidak peduli dengan banyaknya poin yang hilang di kandang sendiri. Terpenting baginya, tim menunjukkan tekad dan upaya maksimal untuk memenangi pertarungan akhir pekan nanti dan tetap menjaga posisi di papan atas.

"Kami akan berupaya maksimal untuk memenangkan pertandingan lawan Arema Cronus, karena itu menjadi salah satu syarat untuk menjaga posisi di papan atas. Catatan kami memang kurang maksimal di laga kandang, tapi itu tidak boleh menjadi beban," jelas Ibnu Grahan.

Walau pekan lalu lagi-lagi BFC gagal menuai poin absolut di kandang setelah ditahan Barito Putera, Ibnu masih menyimpan optimisme timnya bakal bernyali menghadapi Singo Edan. "Banyak hal bisa memengaruhi hasil pertandingan. Tapi saya percaya dengan kualitas tim ini," tambahnya.

Satu rekor lagi yang menarik, tim-tim yang mengalahkan BFC di Sidoarjo adalah tim yang sekarang berada di empat besar klasemen sementara, Madura United, Sriwijaya FC dan Persipura Jayapura. Hanya tersisa Arema Cronus yang belum pernah bertemu BFC di Gelora Delta.

Akankah Arema yang berada di posisi runner up bakal ikut-ikutan mengubur ambisi tuan rumah? Jawabannya masih masih ditunggu hingga wasit meniup peluit akhir. Yang jelas BFC selalu mengalami problem ketika menghadapi tim-tim besar alias papan atas TSC 2016.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 18
    2 Tottenham Hotspur FC 14
    3 Arsenal FC 13
    4 Liverpool 13
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 14
    2 FC Barcelona 13
    3 Athletic Bilbao 12
    4 Sevilla 11
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 15
    2 Napoli 14
    3 AC Milan 9
    4 AS Roma 8
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 9
    2 Red Bull Leipzig 7
    3 FC Koln 7
    4 Borussia Dortmund 6