Persib Bandung (Foto: Facebook Persib)

Bali United Jadi Sasaran Pelampiasan Persib Bandung

Oris Riswan

Rabu, 14 September 2016 - 10:58 wib

BANDUNG - Persib Bandung sedang berusaha bangkit usai kalah telak 0-3 oleh Sriwijaya FC dalam laga terakhirnya. Kini, Persib bersiap menghadapi laga tandang kontra Bali United yang akan digelar di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, pada 18 September 2016.

Bagi 'Maung Bandung', duel itu akan jadi sasaran pelampiasan kekecewaan usai dihancurkan 'Laskar Wong Kito'. Persib tak mau lagi kehilangan poin untuk menjaga asa menembus papan atas klasemen Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 dan menjadi juara.

Pelatih Djadjang 'Djanur' Nurdjaman mengakui tidak mudah membangkitkan semangat para pemainnya. Apalagi ia harus berpacu dengan waktu yang sempit untuk mempersiapkan racikan strategi dan fisik para pemainnya.

Tapi kondisi serupa juga terjadi pada Bali United yang baru saja kalah telak 0-4 di kandang Pusamania Borneo FC pada Minggu 11 September 2016. Kondisi itu setidaknya membuat kedua tim berada dalam situasi yang seimbang yaitu sama-sama baru saja hancur oleh lawan.

"Bagi kedua pelatih, pekerjaan saat ini sama-sama harus membangkitkan mental pemain," kata Djanur di Stadion Persib, Kota Bandung.

Meski begitu, ada sisi yang menjadi pembeda dalam duel kontra tim asuhan Indra Sjafri itu. Bali United dalam posisi lebih diuntungkan karena akan bermain sebagai tuan rumah saat menghadapi Persib.

Tampil di hadapan suporternya sendiri, Bali United diprediksi akan bermain penuh semangat. Hal itu akan jadi ganjalan besar bagi Zulham Zamrun dan kawan-kawan.

"Mereka sedikit diuntungkan karena posisinya sebagai tuan rumah," ungkap Djanur.

Tapi Persib juga punya keuntungan. Banyaknya pemain berpengalaman di skuad Persib harusnya bisa dimaksimalkan. Mental pemain yang sudah teruji harusnya membuat mental skuad Persib lebih cepat bangkit dibanding Bali United dengan mayoritas pemain mudanya.

"Tidak tahu siapa yang akan berhasil dalam pertandingan nanti. Yang jelas persoalan mental ini jadi pekerjaan rumah besar bagi kedua pelatih," tuturnya.

"Pemain muda biasanya akan lebih sulit (bangkit) kalau menurut teori dibanding pemain berpengalaman. Tapi kenyataan di lapangan tergantung situasi juga," jelas Djanur.

Dalam beberapa hari ke depan, Djanur pun akan memaksimalkan masa persiapan. Ia akan menggenjot fisik pemain, memulihkan mental, dan menyiapkan racikan strategi untuk melakoni duel kontra 'Serdadu Tridatu'.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 18
    2 Tottenham Hotspur FC 14
    3 Arsenal FC 13
    4 Liverpool 13
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 14
    2 FC Barcelona 13
    3 Athletic Bilbao 12
    4 Sevilla 11
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 15
    2 Napoli 14
    3 AC Milan 9
    4 AS Roma 8
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 9
    2 Red Bull Leipzig 7
    3 FC Koln 7
    4 Borussia Dortmund 6