(Foto: Ilustrasi Okezone)

Sriwijaya FC Hancurkan Persib di TSC 2016

Oris Riswan

Sabtu, 10 September 2016 - 21:11 wib

PALEMBANG - Persib Bandung menjadi korban keganasan Sriwijaya FC. Bermain di Stadion Gelora Jabakaring, Palembang, Sabtu (10/9/2016) malam, Sriwijaya FC dengan digdaya mengalahkan Persib dengan skor 3-0.

Kekalahan itu dirasa cukup menyesakkan bagi Persib yang berusaha untuk naik di klasemen sementara. Kekalahan itu bahkan lebih menyakitkan mengingat Stadion Gelora Jakabaring pernah jadi saksi bisu saat Persib meraih titel juara Indonesia Super League (ISL) 2014.

Jalannya pertandingan

Sriwijaya FC kembali menggebrak usai turun minum. Sebuah serangan tidak diantisipasi dengan tepat oleh lini belakang Persib pada menit 46. Alberto 'Beto' Goncalves mencocor bola di kotak penalti. Beruntung bagi Persib, bola hasil sepakan Beto tidak menjadi gol.

Menit 48, Beto mengacaukan sektor kiri Persib. Sebuah umpan silang pun dikirim ke kotak penalti. Tapi bola mampu dipotong pemain belakang Persib dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Persib nyaris menciptakan gol pada menit 50. Robertino Pugliara mengirim bola ke kotak penalti. Bola kemudian mengenai Vladimir Vujovic dan disundul Atep. Sial bagi Persib, bola mampu diblok kiper Teja Paku Alam.

Serangan balik cepat kembali dilakukan Sriwijaya FC pada menit 52. Beto mendapat umpan di area kotak penalti. Vladimir Vujovic tampil sigap. Ia langsung memotong bola untuk mengamankan pertahanan Persib.

Menit 55, Rizky Dwi Ramadhana melepas sepakan di kotak penaltik Persib. Sial bagi Sriwijaya FC, bola hasil sepakan Rizky terlalu mudah dan mudah ditangkap kiper I Made Wirawan.

Gol! Beto menggandakan keunggulan Sriwijaya FC pada menit 57. Mendapat umpan panjang dari Achmad Jufriyanto, Beto berhasil melewati hadangan Yanto Basna dan dengan tenang menjebol gawang Persib. 2-0 Sriwijaya FC memimpin.

Setelah unggul 2-0, Sriwijaya FC mendapat petaka. Rizky Dwi Ramadhana yang tampil impresif sepanjang laga harus ditarik keluar lapangan pada menit 60 karena mengalami cedera usai berbenturan dengan Sergio van Dijk. Yohanis Nabar kemudian masuk ke lapangan.

Di kubu Persib, pelatih Djadjang Nurdjaman merespon kekalahan dengan memasukkan Tantan menggantikan Atep pada menit 61. Masuknya Tantan diharapkan menambah tajam daya gedor 'Maung Bandung'.

Sergio van Dijk mencoba keberuntungan pada menit 69 melalui tendangan first time. Tapi upayanya belum membuahkan hasil. Bola bergulir menyamping.

Gol! T.A. Mushafry kembali mencetak gol pada menit 76. Gol itu menjadi yang kedua bagi Mushafry dalam laga tersebut. Gol tercipta setelah ia menerima umpan cerdas dari Firman Utina.

Menerima umpan di kotak penalti, Mushafry dengan tenang mengelabui kiper I Made Wirawan. 3-0 Sriwijaya FC unggul atas Persib.

Setelah unggul 3-0, Sriwijaya FC tak berhenti melakukan serangan. Sebaliknya, Persib masih berupaya mencetak gol melalui skema serangan balik cepat. Tapi upaya Persib masih buntu.

Menit 87, Persib nyaris kembali kebobolan oleh Sriwijaya FC melalui Yohanis Nabar. Menerima umpan di kotak penalti, ia mencocor bola berusaha mengelabui kiper I Made Wirawan. Tapi keberuntungan tidak berpihak pada Yohanis. Bola mampu dimentahkan Made.

Tak lama berselang, Beto melepas sepakan di kotak penalti. Bola mampu diblok Made dan hanya menghasilkan tendangan sudut. Menit 90 Beto kembali melepas sepakan tajam. Tapi Made mampu memblok bola.

Di menit-menit akhir, Vladimir Vujovic melepas sepakan di kotak penalti setelah mendapatkan umpan dari Robertino Pugliara. Bola lagi-lagi tidak menemui sasaran.

Peluit akhir laga pun berbunyi dengan skor akhir 3-0 untuk keunggulan 'Laskar Wong Kito'. Kemenangan itu menegaskan rekor Sriwijaya FC yang tak pernah kalah di kandangnya dalam TSC 2016.

Susunan pemain

Persib: I Made Wirawan (GK), Jajang Sukmara, Vladimir Vujovic, Yanto Basna, Tony Sucipto, Hariono, Kim Kurniawan (25' Diogo Alexandre Ferreira), Atep (C) (61' Tantan), Robertino Pugliara, Zulham Zamrun (73' Samsul Arif), Sergio van Dijk

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Sriwijaya FC: Teja Paku Alam (GK), Zalnando, Fachrudin, Mauricio Leal, Supardi Nasir, Ichsan Kurniawan, Yu Hyun Koo, Firman Utina (86' Ngurah Nanak), Mushafry, Rizky Dwi Ramadhana (60' Yohanis Nabar), Alberto Goncalves

Pelatih: Widodo C. Putro

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 18
    2 Tottenham Hotspur FC 14
    3 Arsenal FC 13
    4 Liverpool 13
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 14
    2 FC Barcelona 13
    3 Athletic Bilbao 12
    4 Sevilla 11
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 15
    2 Napoli 14
    3 AC Milan 9
    4 AS Roma 8
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 9
    2 Red Bull Leipzig 7
    3 FC Koln 7
    4 Borussia Dortmund 6