Gelandang Persib Rindu Main Barsama Irfan Bachdim

Oris Riswan

Sabtu, 10 September 2016 - 06:29 wib

BANDUNG - Sosok Irfan Bachdim tidak bisa dilepaskan dari gelandang Persib Bandung Kim Jeffrey Kurniawan. Keduanya pernah bermain bersama di Persema Malang beberapa tahun lalu,bahkan mereka menjadi ikon klub saat itu.

Di luar lapangan, keduanya juga memiliki hubungan spesial. Irfan merupakan kakak ipar Kim. Sehingga Kim tahu betul bagaimana sosok Irfan di dalam dan di luar lapangan.

Terpisah selama beberapa tahun setelah keduanya tak lagi memperkuat Persema, kerinduan jelas dirasakan Kim. Apalagi kini Irfan bermain di Jepang bersama klub Consadole Sapporo. Ia berharap suatu saat bisa kembali bermain di satu klub yang sama. Sebab hal itu tak pernah terwujud setelah Irfan memilih berkarier di luar negeri.

"Mudah-mudahan suatu saat bisa satu klub lagi. Semoga ada kesempatan," kata Kim.

Namun kesempatan itu kemungkinan akan sulit terwujud dalam waktu dekat. Salah satu peluang terdekat adalah jika keduanya sama-sama terpilih masuk tim nasional Indonesia untuk mengarungi Piala AFF 2016.

Soal kedekatannya dengan Irfan, Kim menganggap pria keturunan Belanda itu sebagai teman sekaligus kakak. Jauhnya jarak antara keduanya pun bukan alasan untuk kehilangan keakraban.

Di sela waktu luang, Kim dan Irfan sering berkomunikasi menggunakan handphone. Berbagai hal diperbincangkan setiap ada komunikasi. "Setiap hari saya komunikasi tetap jalan (dengan Irfan)," ucap Kim.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 18
    2 Tottenham Hotspur FC 14
    3 Arsenal FC 13
    4 Liverpool 13
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 14
    2 FC Barcelona 13
    3 Athletic Bilbao 12
    4 Sevilla 11
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 15
    2 Napoli 14
    3 AC Milan 9
    4 AS Roma 8
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 9
    2 Red Bull Leipzig 7
    3 FC Koln 7
    4 Borussia Dortmund 6