Share
Cristiano Ronaldo (Foto: AFP/Martin Bureau)

Top Euro: Lima Pemain yang Tampil Memukau di Piala Eropa 2016

Daniel Setiawan

Kamis, 14 Juli 2016 - 15:02 wib

PIALA Eropa 2016 memang sudah selesai, namun euforia turnamen empat tahunan tersebut masih terasa. Banyak kejutan yang terjadi pada turnamen edisi kali ini. Negara-negara non-unggulan yang tak diprediksi dapat melaju jauh malah sukses menumbangkan para tim besar.

Selain para tim kuda hitam yang tampil di luar ekspektasi, beberapa pemain juga tampil memukau di turnamen edisi kali ini. Siapa sangka jika Joe Allen yang penampilannya tidak terlalu spesial di level klub sukses masuk ke dalam 11 pemain terbaik Piala Eropa 2016 versi UEFA.

Berikut Okezone merangkum dari berbagai sumber mengenai lima pemain yang tampil memukau pada Piala Eropa edisi tahun ini.

5. Dimitri Payet

Prancis harus berterima kasih kepada sosok Payet pada saat mengarungi babak penyisihan grup Piala Eropa 2016. Gol telatnya telah menyelamatkan Prancis dari hasil yang tak diinginkan. Selain itu, pemain yang membela West Ham United tersebut juga konsisten membuat lini serang menjadi begitu kreatif. Buktinya ia total melepaskan 29 umpan dan sukses mencetak tiga assist.

4. Eden Hazard

Siapa sangka pemain yang melempem bersama Chelsea di musim lalu tersebut bisa menunjukkan penampilan yang memukau ketika membela Belgia. Meskipun dirinya gagal membawa Belgia melaju ke babak semifinal, namun di sepanjang turnamen pemain bertubuh mungil tersebut menjadi otak dari permainan The Red Devils. Total, ia membukukan empat assist dan menciptakan dribel sukses di kotak penalti lawan terbanyak daripada pemain mana pun.

3. Rui Patricio

Portugal mungkin bermain tak meyakinkan pada babak penyisihan grup. Namun, selepas masuk ke babak knock out, Seleccao das Quinas –julukan Portugal– tampil cukup impresif. Hal tersebut tidak terlepas dari sosok penjaga gawang mereka, Rui Patricio. Tercatat sejak masuk babak 16 besar hingga final, Portugal hanya kebobolan dua gol saja di waktu normal.

Klimaksnya ketika laga final, di mana pemain yang membela Sporting Lisbon tersebut beberapa kali mementahkan serangan Antoine Griezmann dan kawan-kawan. Penampilan impresifnya berujung dengan gelar juara Piala Eropa 2016 untuk pertama kalinya bagi Portugal.

2. Cristiano Ronaldo

Megabintang Real Madrid tersebut memang sempat dibuat frustrasi di awal-awal turnamen akibat penampilan Portugal yang inkonsisten. Turning point Ronaldo pada turnamen ini terjadi ketika ia mencetak dua gol ke gawang Hungaria. Penampilan apiknya lalu berlanjut di babak knockout, di mana ia membukukan satu gol dan satu assist pada pertandingan melawan Wales.

1. Antoine Griezmann

Pemain yang membela Atletico Madrid tersebut mengawali turnamen Piala Eropa 2016 dengan kurang meyakinkan. Dirinya bahkan tak dimainkan selama 90 menit penuh di partai perdana melawan Rumania. Namun, selepas mencetak gol ke gawang Albania, keran gol sang pemain bak tak mau berhenti mengucur.

Pemain berusia 25 tahun tersebut lalu mencetak lima gol berikutnya pada pertandingan melawan Republik Irlandia, Islandia, dan Jerman. Sayangnya, penampilan mengilap sang pemain tak dibarengi dengan direngkuhnya gelar juara di akhir turnamen. Prancis harus mengakui keunggulan Portugal dengan skor tipis 1-0.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 93
    2 Tottenham Hotspur FC 86
    3 Manchester City 78
    4 Liverpool 76
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 93
    2 FC Barcelona 90
    3 Athletic Madrid 78
    4 Sevilla 72
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 91
    2 AS Roma 87
    3 Napoli 86
    4 Atalanta BC 72
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 82
    2 Red Bull Leipzig 67
    3 Borussia Dortmund 64
    4 Hoffenheim 62