Cristiano Ronaldo(Foto: Reuters)

Portugal Tak Mungkin Juara Tanpa Ronaldo

Aditya Wahyutomo

Rabu, 13 Juli 2016 - 08:02 wib

LISBON – Cristiano Ronaldo harus melewati Final Piala Eropa 2016 di pinggir lapangan. Itu terjadi karena dirinya harus keluar lapangan usai bertabrakan dengan Dimitri Payet di babak pertama. Dokter tim pada saat itu memutuskan bahwa Ronaldo tak akan mampu melanjutkan pertandingan.

Namun sebagai pemimpin sejati, Ronaldo memutuskan kembali ke pertandingan usai mengalami perawatan. Tak berperan sebagai pemain, Ronaldo memutuskan untuk menjadi motivator dadakan bagi rekan setimnya.

Sebenarnya ini bukan pertama kalinya Ronaldo menjadi motivator untuk rekannya. Saat pertandingan kontra Polandia, Portugal harus dihadapkan dengan babak adu penalti. Beberapa pemain memutuskan untuk menolak menjadi eksekutor.

Perilaku Ronaldo tersebut mendapat pujian dari rekan setimnya di Real Madrid dan Portugal, Pepe. Menurutnya, Portugal akan mengalami kesulitan untuk menjuarai Piala Eropa 2016 jika Ronaldo tak masuk dalam skuad.

“Sangat sulit untuk bermain tanpa pemain terbaik kami yakni Ronaldo. Sosok yang selalu membuat perubahan. Tuhan memberikan pertarungan kepada kami di lapangan dan saat itu saya mengatakan kami akan memenangkan pertandingan untuk Ronaldo dan pada akhirnya kami benar,” ujar Pepe seperti dilansir Football Espana, Rabu (13/7/2016).

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 60
    2 Manchester City 52
    3 Tottenham Hotspur FC 50
    4 Arsenal FC 50
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 49
    2 FC Barcelona 48
    3 Sevilla 46
    4 Athletic Madrid 42
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 63
    2 AS Roma 53
    3 Napoli 51
    4 Atalanta BC 48
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 50
    2 Red Bull Leipzig 42
    3 Borussia Dortmund 37
    4 Hoffenheim 37