Dua Ronaldo.

Tangisan Ronaldo 18 Tahun Lalu, Kini Berbuah Kesuksesan

Tatang Adhiwidharta

Senin, 11 Juli 2016 - 22:02 wib

SAINT-DENIS - Nama Ronaldo sangat tak asing dalam dunia sepakbola, pemilik nama tersebut sangat erat dengan ukiran prestasi. Terakhir, Cristiano Ronaldo yang merupakan kapten dari Timnas Portugal sukses mengantarkan timnya menjadi raja di Eropa usai menaklukkan Prancis selaku tuan rumah di Piala Eropa.

Stadion Stade de France yang berkapasitas 31.338 penonton itu menjadi saksi dari dua Ronaldo beda generasi. Pertama Luiz Nazario de Lima Ronaldo yang merasakan kenangan pahit usai takluk pada laga puncak melawan Prancis di Piala Dunia 1998. Namun, 18 tahun kemudian, bintang Real Madrid itu menyaksikan tangisan air mata masyarakat Prancis pada laga berkesudahan 1-0 lewat gol yang diciptakan Eder di menit ke 109.

Kesedihan seorang Ronaldo terbilang bisa berbuah sukses, karena terbukti penyerang berkepala plontos tersebut membawa negaranya meraih gelar yang lepas pada empat tahun kemudian. Hal tersebut pun berlaku pada sosok CR7, sebelumnya ia sempat gagal mengantarkan Portugal menjadi juara selaku tuan rumah pada 2004 saat dikalahkan Yunani dengan skor 1-0.

Berselang 12 tahun lamanya, pemilik nama lengkap Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro tersebut pun akhirnya sukses meraih gelar pertama bagi Portugal di kancah turnamen internasional. Bahkan dengan namanya tersebut, ia terbilang bisa sekaligus dapat mewakili kesedihan legenda sepakbola Brasil kala merumput di Stade de France.

CR7 maupun Ronaldo memiliki kesamaan dalam segi kesuksesan, keduanya sama-sama pernah berseragam Real Madrid dan merasakan juara antarklub Eropa yakni Liga Champions. Beruntung, mantan pemain Manchester United tersebut masih memiliki kesempatan mengukir prestasi dibandingkan dengan seniornya yang memutuskan pensiun pada 2011. 

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 60
    2 Manchester City 52
    3 Tottenham Hotspur FC 50
    4 Arsenal FC 50
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 52
    2 FC Barcelona 51
    3 Sevilla 49
    4 Athletic Madrid 45
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 63
    2 AS Roma 56
    3 Napoli 54
    4 FC Internazionale Milano 48
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 50
    2 Red Bull Leipzig 45
    3 Borussia Dortmund 37
    4 Hoffenheim 37