Share
Para pemain Barcelona merayakan final kedelapan mereka di Liga Champions (foto: Reuters)

Dikalahkan Bayern, Barca Melenggang ke Final

A. Firdaus

Rabu, 13 Mei 2015 - 03:48 wib

MUNICH – Bayern Munich memang sukses meraih kemenangan 3-2 atas Barcelona dalam leg kedua semifinal Liga Champions di kandang mereka, Allianz Arena, Rabu (13/5/2015). Sayang kemenangan itu tak banyak membantu, karena Barca masih menang agregat 5-3 dan berhak melaju ke babak final yang berlangsung di Berlin, Sabtu 6 Juni 2015.

Jalannya pertandingan:

Babak pertama

Bayern berusaha untuk bisa mencetak gol cepat demi mengamankan peluang mereka lolos ke babak final. Di satu sisi Barca coba bermain tenang dan keluar dari intensitas tim tuan rumah.

Upaya menekan Bayern membuahkan hasil ketika pertandingan menginjak usia tujuh menit. Tandukkan Medhi Benatia tak bisa dihalau Marc Ter Stegen sehingga membawa tuan rumah unggul 1-0 atas Barcelona. Agregat kini 3-1 untuk keunggulan Barca.

Usai kebobolan pada menit ketujuh, Barca mencoba bangkit dengan membuat gol ke gawang Bayern Munich. Adalah Neymar da Silva Santos Junior pelakunya dengan membobol gawang Neuer pada menit 14.

Gol Neymar diawali berkat lolosnya Luis Suarez dari jebakan offside. Suarez kemudian melepaskan umpan yang disambar dengan baik oleh Neymar. Skor berubah menjadi 1-1, atau agregat 4-1 untu keunggulan Barca.

Tak berhenti di situ, Barca berbalik unggul atas Bayern menjadi 2-1, agregat 5-1 untuk Barca. Neymar lagi-lagi jadi biang keroknya. Skenario gol pun juga sama seperti yang dilakukan Barca pada gol pertama.

Lolos dari jebakan offside, dan Suarez membuat sodoran dan Neymar tak menyia-nyiakan untuk mencetak gol kedua untuk Barca. Ini menjadi gol ke-11 Neymar dalam 10 pertandingan Barca di semua ajang.

Enam menit jelang pertandingan babak pertama berakhir, Robert Lewandowski mendapatkan peluang terbaik untuk menyamakan kedudukan. Sayang bola yang sudah setengah bagian masuk, mampu diusir Ters Stegen. Momen itu menjadi penanda berakhirnya babak pertama untuk keunggulan Barca 2-1.

Babak kedua

Lepas turun minum. Phillip Lahm cs harus mengawali laga dengan target yang baru, yaitu mencetak lima gol ke gawang Ter Stegen. Hal itu mesti dilakukan, lantaran pada babak pertama Bayern tertinggal 1-2 atas Barca.

Menit 59, Robert Lewandowski coba menghidupkan asa yang sempat redup ketika berhasil mencetak gol untuk Bayern. Sempat mengecoh Javier Mascherano, ia akhirnya melepaskan tendangan yang tak bisa ditepis Ter Stegen. Skor pun menjadi 2-2, namun Barca tetap unggul 5-2 atas tim tuan rumah.

Bayern membalikkan keadaan menjadi 3-2, ketika Thomas Muller mencetak gol pada menit 74. Dengan posisi tersebut, Die Roten butuh tiga gol lagi untuk bisa mewujudkan mimpi ke final.

Muller membuat gol usai menerima umpan dari Bastian Schweinsteiger yang tak disia-siakannya. Meskki unggul 3-2, Bayern masih kalah agregat 5-3 atas Barca.

Usai kebobolan dua gol di babak kedua ini, pelatih Luis Enrique memasukkan Xavi Hernandez pada menit 75. Ini menjadi penampilan Xavi ke-150 di Liga Champions. Dengan begitu, Xavi menjadi pemain pertama yang mecapai caps, mengalahkan Iker Casillas dengan 149 penampilan.

Menjelang 10 menit pertandingan bubar, dua pergantian pemain dilakukan Guardiola. Di antaranya, Mario Gotze menggantikan Muller dan Javi Martinez menggantikan peran Schweinsteiger.

Meski begitu, sulit untuk Bayern menebus tiga gol, hingga peluit akhir pun dibunyikan wasit asal Inggris, Mark Clattenburg. Sehingga skor 3-2 untuk kemenangan Bayern berhasil diraih. Meski Bayern menang, namun Barca yang berhak lolos. Pasalnya Blaugrana masih menang agregat 5-3.

Susunan Pemain:

Bayern Munich: 1. M. Neuer, 21. P. Lahm (Rode 67’), 13. Rafinha, 17. J. Boateng, 5. M. Benatia, 31. B. Schweinsteiger (Martinez 87’), 3. Xabi Alonso, 6. Thiago Alcântara, 18. Juan Bernat, 25. T. Müller (Gotze 87’), 9. R. Lewandowski

Barcelona: 1. M. ter Stegen, 22. Dani Alves, 3. Pique, 18. Jordi Alba, 14. J. Mascherano, 8. Iniesta (Xavi 75’), 4. I. Rakitić (Mathieu 72’), 5. Busquets, 10. L. Messi, 9. L. Suárez (Pedro 46’), 11. Neymar

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester United FC 6
    2 West Bromwich Albion 6
    3 Watford 4
    4 Liverpool 4
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Sociedad 3
    2 Leganes 3
    3 Valencia CF 3
    4 Athletic Madrid 1
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 3
    2 Napoli 3
    3 Udinese 0
    4 Bologna FC 0
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 3
    2 FC Bayern Munich 3
    3 FC Schalke 04 3
    4 Hertha BSC 3