Aksi fans Barcelona saat mendukung tim kesayangannya (Foto: Ist)

Sportifnya Barcelonista

Achmad Firdaus

Minggu, 18 Mei 2014 - 09:01 wib

BARCELONA - Suporter Barcelona atau biasa disebut Barcelonista menunjukkan sikap yang harus diikuti oleh supporter-suporter klub sepakbola di seluruh dunia. Meski kecewa timnya gagal jadi juara, mereka tetap bisa berbesar hati dengan memberikan aplaus kepada tim lawan.

Momen yang langka terjadi di dunia sepakbola itu terjadi pada jornada pamungkas La Liga, dini hari tadi. Barca yang menjamu Atletico Madrid gagal menuntaskan misi harus menang, setelah dipaksa bermain imbang 1-1. Kubu Los Colchoneros pun berpesta di Camp Nou untuk merayakan gelar La Liga ke-10 mereka sejak terakhir kali meraihnya pada 1995/1996.

Alih-alih mencemooh klub rival seperti yang kerap terjadi di berbagai belahan dunia, Barcelonista tetap menunjukkan sikapi sportif. Begitu peluit terakhir dibunyikan wasit, puluhan ribu fans Barca yang memadati Stadion, secara spontan memberikan aplaus untuk David Villa dkk.

Sikap sportif yang ditunjukkan Barcelonista ini pun tak luput dari perhatian entrenador Atletico, Diego Simeone yang membalasnya dengan memberikan penghormatan.

Ïni adalah salah satu hal yang paling indah dalam sepakbola. Fans Barca, para pemain dan pelatih menunjukkan bahwa mereka adalah orang-orang yang berkelas,” ujar Simeone takjub sebagaimana dikutip Goal, Minggu (18/5/2014).

Memang, tak ada penjelasan resmi mengapa fans Barca bisa bersikap  seperti ini. Namun, disinyalir mereka salut dengan pendekatan Atletico yang tetap bermain seperti biasa, tidak memainkan skema negative football, padahal mereka hanya butuh tambahan satu poin untuk juara.

Barcelonista bukan satu-satunya basis fans yang cukup objektif dalam menilai suatu pertandingan. Fans Real Madrid yang dikenal dengan sebutan Madridista juga pernah dengan sportif memberikan aplaus khusus untuk Ronaldinho Gaucho yang bermain impresif -mencetak dua gol- untuk membantu Barcelona menang 3-0 atas El Real pada laga El Clasico di Santiago Bernabeu pada 20 November 2005.
klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 75
    2 Tottenham Hotspur FC 71
    3 Liverpool 66
    4 Manchester City 64
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 75
    2 FC Barcelona 71
    3 Athletic Madrid 65
    4 Sevilla 62
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 80
    2 AS Roma 72
    3 Napoli 70
    4 Lazio 61
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 69
    2 Red Bull Leipzig 61
    3 Hoffenheim 54
    4 Borussia Dortmund 53