Diego Simeone saat memberikan instruksi pada anak asuhnya (Foto: REUTERS)

Ini yang Dikatakan Simeone di Ruang Ganti

Achmad Firdaus

Minggu, 18 Mei 2014 - 08:03 wib

BARCELONA - Diego Simeone membuktikan bahwa dirinya  bukan hanya pelatih yang cerdas. Entrenador Atletico Madrid ini juga menunjukkan kualitasnya sebagai motivator ulung.

Hal itu terungkap pada laga pamungkas La Liga, saat Atletico Barca bertandang ke markas Barcelona di Camp Nou, dini hari tadi. Atletico yang banyak menerima tekanan sempat drop lantaran dua pemain andalannya Diego Costa dan Arda Turan,harus ditarik keluar saat laga baru 20 menit.

Imbasnya, gawang Thibaut Courtois harus kebobolan lewat gol Alexis Sanchez pada menit ke-33. Tertinggal 0-1 di babak pertama, tentunya Simeone harus punya siasat agar motivasi para pemaimn kembali naik.

Dan benar saja, Atletico melakukan pendekatan yang berbeda di babak kedua. Jika di babak pertama mereka terkesan pasif dan hanya melakukan serangan balik untuk menggempur serangan, di babak kedua, Koke dkk, berani memainkan bola lebih lama dan banyak menekan.

Hasil potifif pun dituai. Babak kedua baru berjalan tiga menit, kubu Los Colchoneros sudah berhasil mencetak gol penyeimbang lewat gol tandukan, Diego Godin memanfaatkan sepak pojok.

Godin sendiri mengaku, Simeone memang sempat memberikan instruksi di ruang ganti pada jeda babak pertama. Namun, pendekatan yang dilakukan entrenador dengan sapaan Cholo ini bukan dengan cara marah-marah.

“Simeone mengatakan kepada kami di babak pertama, bahwa kami harus mencetak gol. Pasalnya, dengan gol tersebut dia menilai keadilan telah ditegakkan,” ujar Godin sebagaimana dilansir Football-Espana, Minggu (18/5/2014).

Melihat sepak terjang Atletico musim ini, serta dominasi Madrid dan Barca yang sudah berlangsung selama 9 musim terakhir, tak salah apabila Simeone mengatakan hal tersebut. Mungkin di dalam hati, dia ingin mengirimkan pesan kepada dua raksasa tersebut, bahwa uang bukan segalanya.
klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 93
    2 Tottenham Hotspur FC 86
    3 Manchester City 78
    4 Liverpool 76
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 93
    2 FC Barcelona 90
    3 Athletic Madrid 78
    4 Sevilla 72
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 88
    2 AS Roma 84
    3 Napoli 83
    4 Lazio 70
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 82
    2 Red Bull Leipzig 67
    3 Borussia Dortmund 64
    4 Hoffenheim 62