Andoni Zubizarreta (Foto: Ist)

Zubi: Barca Tidak Gagal

Achmad Firdaus

Minggu, 18 Mei 2014 - 07:53 wib

BARCELONA - Barcelona gagal mempertahankan rekor apiknya dalam tujuh tahun terakhir. Untuk kali pertama, El Barca gagal meraih satu pun trofi.

Kegagalan menumbangkan Atletico pada jornada pamungkas, dini hari tadi, mengulang periode buruk Barca pada 2006/207. Kala itu, mereka juga gagal meraih satu pun. Setelah itu, Barca tak pernah absen mengangkat trofi juara, baik itu La Liga, Copa del Rey, setiap tahunnya.

Namun, di musim ini siklus kembali membawa Barca di bawah. Tersingkir di perempatfinal Liga Champions, gagal di final Copa del Rey, dan yang paling tragis, gagal mempertahankan mahkota juara di hadapan publiknya.

Sempat membuka asa lewat gol Alexis Sanchez di babak pertama, Los Cules yang mengusung misi wajib menang, gagal menjaga keunggulannya. Di awal babak kedua, Diego Godin membawa Atletico menyamakan kedudukan 1-1 yang bertahan hingga laga usai. Hasil ini membuat gelar juara La Liga musim ini menjadi milik tim sekota Real Madrid tersebut.

Kegagalan ini pun berdampak pada masa depan sang pelatih, Gerardo ‘Tata’ Martino. Pelatih yang baru bergabung di awal musim ini memutuskan mundur dari jabatannya.

Menanggapi kondisi ini, direktur olahraga Barca, Andoni Zubizarreta tidak sependapat apabila timnya gagal. Pria yang dulunya kiper andalan Blaugrana itu memilih memberikan jawaban diplomatis.

“Selamat untuk Atleti.Ini bukan kegagalan Barca, tapi kami berhadapan dengan lawan-lawan yang tangguh,” lanjutnya terkait alasan Barca tersingkir di tiga ajang yang mereka diikuti.

Selain di pentas La Liga, Atletico adalah tim yang menyingkirkan Barca di perempatfinal Liga Chamions. Sementara di kompetisi Copa el Rey, Blaugrana disingkirkan seteru abadinya, Real Madrid di final.
klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 93
    2 Tottenham Hotspur FC 86
    3 Manchester City 78
    4 Liverpool 76
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 93
    2 FC Barcelona 90
    3 Athletic Madrid 78
    4 Sevilla 72
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 91
    2 AS Roma 87
    3 Napoli 86
    4 Atalanta BC 72
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 82
    2 Red Bull Leipzig 67
    3 Borussia Dortmund 64
    4 Hoffenheim 62