Share
Ekspresi Lionel Messi dan Gerardo Martino cukup menggambarkan bagaimana Barcelona musim ini (Foto: REUTERS)

Barca Nirgelar, Bartomeu Suarakan Revolusi

Arief Hadi Purwono

Minggu, 18 Mei 2014 - 09:19 wib

BARCELONA – Pengalaman pahit musim 2006-2007 terulang kembali untuk Barcelona di musim ini. Ya, Lionel Messi dkk mengulangi musim saat tim tak meraih trofi satu pun. Melihat hasil buruk tim, presiden klub, Josep Maria Bartomeu pun menjanjikan perubahan besar.

Perubahan sudah dimulai sesaat setelah pertandingan usai, yakni konfirmasi yang diberikan Gerardo Martino mengenai keputusannya meninggalkan Camp Nou. Luis Enrique pun diprediksi akan mengisi kursi kepelatihan Blaugrana untuk musim depan.

“Sekarang saatnya untuk melakukan perubahan total. Minggu besok akan menjadi hari untuk menganalisa dan hari Senin, kami akan bertemu dan membuat keputusan. Ada banyak hal yang telah kami putuskan dan kami akan segera mulai mengumumkan keputusan tersebut,” ungkap Bartomeu sesaat setelah pertandingan Barcelona kontra Atletico Madrid, diberitakan Goal, Minggu (18/5/2014).

Hasil nirgelar ini pun membuat kecewa socios yang merupakan fans fanatik Barcelona. Hal yang wajar dan dipahami Bartomeu yang terpilih menggantikan Sandro Rosell tersebut. Meski akan mengganti Barcelona, Bartomeu berjanji tak akan sepenuhnya mengubah tim dengan jebolan La Masia yang selalu menjadi andalan dari tahun ke tahun.

“Saya mengerti kekecewaan socios. Mereka benar, kami tak mampu meraih target yang dicanangkan, namun saya juga berkata kami memiliki tim yang bagus dan di musim yang berat ini kami tetap bertarung hingga akhir. Barca memiliki para pemain muda yang akan banyak bersumbangsih untuk tim,” tambah Bartomeu.
klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 93
    2 Tottenham Hotspur FC 86
    3 Manchester City 78
    4 Liverpool 76
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 93
    2 FC Barcelona 90
    3 Athletic Madrid 78
    4 Sevilla 72
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 91
    2 AS Roma 87
    3 Napoli 86
    4 Atalanta BC 72
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 82
    2 Red Bull Leipzig 67
    3 Borussia Dortmund 64
    4 Hoffenheim 62