Menakar Kekuatan Liverpool Musim Depan

Selasa, 30 Juli 2013 - 19:15 wib | Windi Wicaksono - Okezone

Skuad Liverpool (Foto: Heru Haryono Okezone) Skuad Liverpool (Foto: Heru Haryono Okezone) LIVERPOOL – Sudah empat pemain yang diboyong Liverpool pada musim panas ini, di antaranya Iago Aspas, Kolo Toure, Simon Mignolet, dan Luis Alberto. Lalu, apakah dengan pembelian tersebut, The Reds bakal mampu bersaing di empat besar?
 
Memang perburuan pemain Liverpool belum berakhir, beberapa pemain lagi konon siap berlabuh di Anfield. Paling santer, Christian Eriksen dari Ajax Amsterdam dikabarkan segera berseragam The Kop musim panas ini. Namun, tak sedikit yang meragukan transfer Liverpool akan mengubah peruntungan mereka di Premier League. Kalau begitu, mari kita kupas sedikit lebih dalam tentang kekuatan skuad asuhan Brendan Rodgers ini dalam menyambut musim 2013-2014.
 
Di bawah mistar gawang, Liverpool meminjamkan Pepe Reina ke Napoli, dan mendatangkan Simon Mignolet. Kebijakan ini terbilang baik, mengingat Reina dalam tiga musim terakhir kerap melakukan blunder di laga-laga penting, dan Mignolet dinilai sebagai pengganti yang tepat. Aksi-aksi brilian Mignolet bersama Sunderland musim lalu tak bisa dipungkiri, dan penampilannya tergolong konsisten. Brad Jones juga pelapis yang tak buruk untuk kiper internasional Belgia ini.
 
Beralih ke pertahanan, lini yang dianggap titik kelemahan Liverpool beberapa tahun belakangan. The Reds baru saja kehilangan Jamie Carragher yang memutuskan pensiun akhir musim lalu, tapi mereka mendapatkan Kolo Toure secara gratis dari Manchester City. Setelah menggaet Toure, The Reds kemudian menegaskan berhenti membeli pemain belakang. Kebijakan ini mendapat kritik dari sebagian Liverpudlian, yang menyarankan agar Rodgers memburu bek lagi.
 
Kalau mau jujur, pelapis sepadan untuk Glen Johnson perlu direkrut, dan Jose Enrique penampilannya sejak diboyong dari Newcastle United kurang mengesankan. Penting bagi klub asal Merseyside ini menggaet bek berkualitas, jika benar-benar bersaing di papan atas, apalagi penyerang-penyerang Premier League terkenal ganas di kotak penalti musuh.
 
Liverpool memiliki daftar gelandang yang tak jelek, karena memiliki Steven Gerrard, Philippe Coutinho, dan Lucas Leiva. Sayangnya, beberapa nama seperti Stewart Downing dan Jordan Henderson gagal memperlihatkan performa menawan. Pembelian Ousama Assaidi pada musim panas tahun lalu juga tak memberikan dampak apa-apa.
 
Raheem Sterling dan Joe Allen memang masih punya potensi besar untuk masa depan, tapi jika pembenahan di lini tengah tak segera dilakukan, tak ada perbaikan signifikan dalam hal prestasi. Lucas Leiva juga tidak memiliki pelapis, kita masih ingat bagaimana gelandang asal Brasil itu cedera nyaris satu musim penuh, dan Jay Spearing sama sekali tak mendekati level permainan Lucas.
 
Selain kiper, lini depan bisa jadi sumber kekuatan The Kop lainnya. Asal tak kehilangan Luis Suarez, daftar penyerang Liverpool termasuk yang tak boleh diremehkan. Daniel Sturridge bisa diandalkan mengancam gawang lawan, penampilan Iago Aspas selama pramusim di Asia juga tak buruk. Hanya mungkin Fabio Borini tampaknya perlu lebih banyak diberi kesempatan tampil.
 
Melihat bagaimana kekuatan skuad Liverpool saat ini, tampaknya mereka butuh upaya lebih keras menembus empat besar. Target The Reds sendiri harus lolos ke Liga Champions musim 2014-2015, dan bukanlah pekerjaan yang mudah. Para pesaing Liverpool telah berbenah, sebut saja Manchester City yang tak segan menggelontorkan dana puluhan bahkan ratusan juta euro untuk pemain baru.
 
Skuad Manchester United sejauh ini belum banyak berubah dengan musim lalu, meski menjalani pramusim Asia yang buruk bersama pelatih anyar David Moyes, kekuatan Setan Merah tetap harus diperhitungkan sebagai salah satu calon juara. Demikian juga Chelsea yang kian harus diwaspadai menyusul bergabungnya kembali pelatih Jose Mourinho. Skuad The Blues musim lalu banyak berisi pemain muda, dan musim ini diyakini penampilan mereka lebih matang.
 
Seperti musim lalu, Arsenal dan Tottenham Hotspur kemungkinan menjadi pesaing relevan Liverpool untuk memperebutkan urutan keempat atau satu tiket kualifikasi ke Liga Champions. Bila klub milik John W. Henry ini benar-benar serius, mereka harus menaikkan level skuad mereka. Benar bahwa Liverpool tidak bermain di kompetisi Eropa pada musim depan, maka trik lain harus digunakan demi merekrut pemain berkualitas.
 
Kegagalan The Reds menggaet Henrikh Mkhitaryan adalah contohnya, bila tak punya kesempatan bermain di kompetisi Eropa, maka iming-iming gaji besar adalah cara merayu para pemain itu agar main berlabuh di Anfield.
 
(win)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »