Xavi Hernandez. (Foto: Reuters)

Xavi Dukung Sepakbola Bebas Doping

Rintani Mundari

Jum'at, 24 Mei 2013 - 14:15 wib

BARCELONA – Maestro lapangan tengah Barcelona dan tim nasional Spanyol, Xavi Hernández menegaskan bahwa dirinya yakin tak ada kasus doping dalam dunia sepakbola. Xavi juga mendukung segala bentuk peraturan demi menjaga dunia olahraga agar tetap sehat dan sportif.
 
“Saya yakin tidak ada (kasus doping) dalam sepakbola. Selama 15 tahun karier profesional saya dan saya tidak pernah mendengar kasus itu terjadi di Barcelona, tim nasional atau di mana pun,” tegas Xavi, seperti dilansir Marca, Jumat (24/5/2013).
 
Sebelumnya Presiden Badan Anti Doping Dunia (WADA), John Fahey mengungkapkan bahwa sepakbola kurang tegas dalam pengaturan kasus doping. Oleh sebab itulah, Presiden FIFA Joseph ‘Sepp’ Blatter berencana memperketat masalah yang cukup krusial ini.
 
Bahkan kabarnya, di pentas Piala Konfederasi tahun ini, tes doping akan mulai diberlakukan berdasarkan profil biologis. Tentu saja rencana tersebut disambut baik oleh Xavi.
 
“Saya sangat menyetujui tes semacam ini. Memang disayangkan, namun doping sebenarnya sangat mudah dicegah, tidak hanya dalam dunia sepakbola melainkan di dunia olahraga secara umum,” lanjutnya.
 
“Jadi bagi saya, segala macam pencegahan atau kontrol akan sangat bagus. Orang-orang harus tetap sehat, olahraga pun demikian dan sangat baik apabila ada kontrol semacam itu,” tandasnya.
 
Follow @bola_okezone untuk mendapatkan info seputar sepakbola
klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 18
    2 Tottenham Hotspur FC 14
    3 Arsenal FC 13
    4 Liverpool 13
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 14
    2 FC Barcelona 13
    3 Athletic Bilbao 12
    4 Sevilla 11
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 15
    2 Napoli 14
    3 AC Milan 9
    4 AS Roma 8
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 9
    2 Red Bull Leipzig 7
    3 FC Koln 7
    4 Borussia Dortmund 6