Di Bawah Guyuran Hujan, Stadion GBLA Diresmikan

Sabtu, 11 Mei 2013 - 00:53 wib | Wisnu Praja - Okezone

Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). (Foto: SINDO)

Di Bawah Guyuran Hujan, Stadion GBLA Diresmikan
BANDUNG - Wali Kota Bandung Dada Rosada meresmikan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (10/5/2013) malam. Secara simbolik, Dada menandatangani prasasti dan membunyikan sirine sekira pukul 21.50 WIB.

"Stadion ini semoga menjadi simbol untuk mengukit prestasi sepakbola dan cabor lainya yang insya Allah akan menginspirasi lahirnya prestasi olahraga," kata Dada dalam sambutannya.

Secara khusus, Dada berharap stadion terbesar ke-2 di Indonesia setelah Gelora Bung Karno itu akan memberi tuah tersendiri bagi Persib Bandung. "Saya berharap dengan selesainya stadion ini menjadikan dunia seakbola, khususnya Persib, makin berjaya, makin disegani, dan melahirkan prestasi," ungkapnya.

Peresmian itu berlangsung di tengah guyuran hujan yang cukup deras. Lebih dari 1.500 orang yang ada di lokasi terpaksa harus mencari tempat duduk. Sebab tidak semua tempat duduk terlindung dari hujan.

Meski bertajuk peresmian, kegiatan itu hanya merupakan soft launching. Sebab stadion belum bisa dipakai untuk pertandingan atau kegiatan lainnya.

Dada mengatakan, pembangunan fisik stadion sudah 100 persen selesai. Hanya masih ada proses berikutnya untuk membangun berbagai fasilitas stadion, termasuk akses jalan menuju lokasi.

Stadion itu memiliki luas total sekira 40 hektare. Kapasitas tempat duduk mampu menampung 38 ribu orang. Sebanyak 60 kursi diperuntukkan bagi penyandang disabilitas.

Rumputnya merupakan kelas satu standar FIFA. Tribun VIP dan VVIP bahkan dilengkapi kaca antipeluru. Dan untuk toilet, ada sebanyak 776 yang tersebar di berbagai titik stadion.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menyambut baik soft launching tersebut. Ia menyebut stadion itu akan jadi kebanggaan warga Jabar. "Ini kebanggaan semua warga Jabar, tidak hanya Bandung," ungkapnya.

Setelah ada stadion bertaraf internasional di Bandung, Aher berharap daerah lain di Jabar juga mengikutinya. Sehingga ke depan, akan banyak stadion megah bertaraf internasional di Jabar untuk mendukung berbagai prestasi olahraga. "Insya Allah ini selesai, akan terbangun stadion-stadion yang lain," tandasnya.

Selain dihadiri Dada dan Aher, soft launching dihadiri Wagub Jabar Dede Yusuf, Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat Kuswara S Taryono, serta tamu undangan lainnya.

Acara diselingi kegiatan hiburan seperti tarian tradisional dan parodi. Ada juga tayangan video berisi testimoni tentang Stadion GBLA dari mantan pelatin dan pemain Persib, bobotoh, dan warga Bandung.

Follow @bola_okezone untuk mendapatkan info seputar sepakbola (dit)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Pengalaman yang Membedakan Arsenal