Tsuneyasu Miyamoto (Foto: FIFA)

20 Tahun Lagi, Jepang Juara Piala Dunia

Windi Wicaksono

Rabu, 24 April 2013 - 11:49 wib

OSAKA – Mantan kapten Timnas Jepang, Tsuneyasu Miyamoto mengaku senang dengan progres yang ditunjukkan sepakbola negaranya. Dia percaya, Timnas Jepang memiliki masa depan yang cerah untuk berprestasi di tingkat dunia.
 
Bahkan, mantan pemain Gamba Osaka ini yakin Jepang akan mampu memenangi Piala Dunia setidaknya 20 tahun lagi, bila melihat bagaimana Samurai Biru secara cepat menuju level yang lebih tinggi.
 
“Jika kami bisa lolos kualifikasi, saya pikir tim kami bisa mencapai babak perempatfinal Piala Dunia 2014 di Brasil,” ujar Miyamoto, seperti dilansir FIFA, Rabu (25/4/2013). “Itu bagus bahwa kami bermain di Piala Konfederasi tahun ini, itu bagus untuk mengukur di mana posisi kami, dan menjadi ajang untuk mengembangkan pemain-pemain muda kami,” lanjutnya.
 
“Sepakbola Jepang berkembang dengan luar biasa. Saat ini ada pekerjaan yang fantastis yang dilakukan di tingkat akar rumput, dan saya pikir kami sudah menuai hasil sejak Piala Dunia 2002,” terangnya.
 
Miyamoto juga mengaku tak terkejut dengan banyaknya pemain-pemain asal Jepang yang merambah ke kompetisi Eropa. Menurut dia, kini di Jepang sepakbola telah menjadi gaya hidup dan anak-anak Negeri Matahari Terbit itu banyak bercita-cita menjadi pemain sepakbola.
 
“Fakta bahwa sejumlah pemain Jepang bermain di kompetisi Eropa adalah salah satu hasil dari progres sepakbola Jepang. Selain itu, disiarkannya liga-liga Eropa dan menampilkan pemain Jepang di dalamnya juga meningkatkan popularitas sepakbola di Jepang,” tandasnya.
 
Jangan lupa follow Twitter @bola_okezone
klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 60
    2 Manchester City 52
    3 Tottenham Hotspur FC 50
    4 Arsenal FC 50
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 52
    2 FC Barcelona 51
    3 Sevilla 49
    4 Athletic Madrid 45
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 63
    2 AS Roma 56
    3 Napoli 54
    4 FC Internazionale Milano 48
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 50
    2 Red Bull Leipzig 45
    3 Borussia Dortmund 37
    4 Hoffenheim 37