Tjeerd de Zwan (kiri), Marc Boele, Arif Wicaksono, Djohar Arifin, Kanti Mirdiati. (Foto: Rintani Mundari/Okezone)

Timnas vs Belanda, Ajang Pembelajaran

Rintani Mundari

Senin, 22 April 2013 - 14:51 wib

JAKARTA - Indonesia akan kembali kedatangan tamu penting. Ya, tim nasional (Timnas) Belanda akan melakukan FIFA International Match Day kontra Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, 7 Juni mendatang.
 
Diakui oleh Duta Besar Kerajaan Belanda, Tjeerd de Zwan bahwa pertandingan nanti akan terasa spesial bagi kedua pihak mengingat ini merupakan lawatan pertama Oranje di Tanah Air.
 
"Kunjungan tim nasional Belanda ini merupakan momen yang sangat unik. Laga antara tim Oranje kontra tim Merah-Putih menggarisbawahi ikatan yang kuat antara Indonesia-Belanda," kata Tjeerd de Zwaan, saat konferensi pers di Erasmus Huis, Jakarta, Senin (22/4/2013).
 
Terlepas dari kejadian puluhan tahun silam. Masyarakat Indonesia tampaknya telah melupakan sejarah kelam yang pernah ditorehkan negeri Ratu Beatrix kepada Ibu Pertiwi. Hal tersebut terlihat dari banyaknya suporter Indonesia yang mendukung tim besutan Louis van Gaal di setiap laga internasional.
 
"Indonesia terkenal memiliki suporter yang luar biasa. Oranje pasti akan mendapat dukungan besar di negeri ini, secara keseluruhan kami sudah tidak sabar akan malam yang fantastis," sambungnya.
 
Sementara Djohar Arifin menilai laga kontra Belanda itu selain akan meningkatkan kualitas Timnas yang akan berlaga di pentas AFF, Timnas Belanda juga akan menghibur para suporter Indonesia.
 
"Kedatangan Timnas Belanda ke Indonesia merupakan sejarah besar bagi Timnas Indonesia. Seperti diketahui bahwa banyak sekali masyarakat Indonesia yang mendukung Belanda. Semoga banyak hal yang dapat dipelajari karena Timnas Belanda merupakan tim elite dunia. Semoga laga nanti akan menjadi sejarah bagi Indonesia,” tutur Djohar Arifin.
 
Dapatkan informasi lengkap seputar dunia sepakbola hanya di @bola_okezone

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 52
    2 Tottenham Hotspur FC 45
    3 Liverpool 45
    4 Arsenal FC 44
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 40
    2 Sevilla 39
    3 FC Barcelona 38
    4 Athletic Madrid 34
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 45
    2 AS Roma 44
    3 Napoli 41
    4 Lazio 40
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 39
    2 Red Bull Leipzig 36
    3 Hertha BSC 30
    4 Eintracht Frankfurt 29