Kandang Anyar Persib Simbol Spirit Masyarakat Bandung

Kamis, 28 Maret 2013 - 11:44 wib | M Taufik - Koran SI

Stadion Bandung Lautan Api.(foto:M Taufik) Stadion Bandung Lautan Api.(foto:M Taufik) BANDUNG - Bandung Lautan Api (BLA) akhirnya dipilih jadi nama Stadion di kawasan Gedebage, Kota Bandung. Lewat pooling SMS, nama BLA jauh mengungguli dua calon nama lainnya, Stadion Gelora Gedebage dan Gelora Rosada.
 
BLA mengumpulkan 14.526 suara atau SMS atau 83,3%, diikuti Gelora Gedebage sebanyak 2.047 SMS (11,7%) dan Gelora Rosada 871 SMS (5,0%). Pelaksanaan pooling penamaan stadion di Gedebage ini merupakan bentuk jawaban dari DPRD Kota Bandung terhadap keinginan warga Bandung yang menginginkan adanya sayembara penamaan stadion dan dilaksanakan dari 4-22 Maret lalu.
 
Bandung Lautan Api merupakan nama yang diambil dari peristiwa bersejarah yang menggambarkan semangat masyarakat Bandung dalam melawan penjajahan Belanda pada 24 Maret 1946 dengan cara membakar secara massal rumah dengan tujuan mencegah tentara sekutu menjadikan Bandung sebagai markas militer. Semangat itulah yang diharapkan tercipta di stadion BLA.
 
Terpilihnya nama BLA sebagai nama stadion di Gedebage bisa dikatakan sesuai dengan harapan mayoritas masyarakat. Sebab tingginya jumlah suara yang mendukung nama BLA jadi gambaran jika nama ini jauh lebih mendapatkan dukungan ketimbang dua nama lainnya.
 
Sebelumnya banyak di antara masyarakat Bandung yang menghujat keputusan DPRD Kota Bandung mendukung pemberian nama Gelora Rosada. Nama tersebut dianggap tidak merepresentasikan keinginan warga, terutama Bobotoh Persib Bandung.
 
Seperti diketahui Stadion yang menelan anggaran ratusan miliar rupiah ini, selain bakal dijadikan venue utama penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016, juga bakal jadi kandang anyar Maung Bandung. Selama ini, Persib lebih sering bertanding di Stadion Siliwangi dan Stadion Si Jalak Harupat, Soreang.
 
Terlepas dari itu, Manajer Persib, Umuh Muchtar mengungkapkan yang paling penting saat ini adalah harapan masyarakat Bandung dan Jawa Barat, terutama Bobotoh melihat Persib menghuni stadion berkapasitas 40 ribu tempat duduk ini segera terealisasi.
 
“Apapun namanya yang penting proses pembangunannya bisa secepatnya selesai. Bobotoh tentu sudah cukup tidak sabar melihat Persib bertanding di stadion baru,” terang Umuh.
(fit)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »