Data & Fakta Milan vs Barcelona

|

Achmad Firdaus - Okezone

Ilustrasi: Gelar/Okezone

Data & Fakta Milan vs Barcelona
MILAN - Duel klasik antara AC Milan kontra Barca akan kembali dilangsungkan. Kali ini, kedua tim harus bentrok pada babak 16 besar Liga Champions. Mana yang akan menang?

Milan akan lebih dulu menjamu Barca pada leg pertama di San Siro, Kamis (21/2/2013) dini hari WIB. Barca selaku tim tamu datang dengan membawa 20 pasukan tempur terbaiknya, diantaranya Lionel Messi, Andres Iniesta serta jenderal lapangan, Xavi Hernandez yang baru pulih dari cedera. Hanya David Villa yang ditinggal di Barcelona karena kondisinya belum fit pasca-operasi pengangkatan batu ginjal.

Milan sendiri tampil tidak dengan kekuatan terbaiknya. Dari 19 pemain yang dirilis Massimiliano Allegri, beberapa pemain inti seperti Antonio Nocerino, Mathieu Flamini, Daniele Bonera, Luca Antonini, Nigel De Jong dan Robinho harus absen lantaran dibekap cedera. Sementara itu, striker anyar Mario Balotelli dipastikan tidak bisa membela Milan, karena telah terdaftar bersama Manchester City.

Meski demikian, Allegri sudah bisa memainkan striker andalannya Stephan El Shaarawy yang telah pulih dari cedera lutut. Selain El Shaarawy, tiga penyerang lain juga siap tempur, yakni Giampaolo Pazzini, M’Baye Niang dan Bojan Krkic yang dipinjam Milan dari Barca.

Bicara soal data dan fakta pertandingan, Milan berada dalam posisi underdog meski tampil di hadapan pendukungnya. Hasil empat pertemuan terakhir di mana Milan tidak pernah menang atas Barca (dua imbang dan dua kalah) menjadi pemicunya. Ini belum termasuk performa Barca belakangan ini yang makin trengginas.

Berikut beberapa data & fakta kedua tim:

MILAN:
- Milan sudah mencetak total 399 gol di ajang Eropa.

- Milan jadi satu-satunya kontestan 16 besar yang belum sekalipun meraih kemenangan pada laga kandang di Liga Champions musim ini.

- Milan belum pernah menang dari Barcelona dalam tujuh pertemuan terakhir (3 kali imbang, 4 kalah).

- Di usia 19 tahun 342 hari, Stephan El Shaarawy menjadi pemain termuda yang mencetak gol di Liga Champions saat membobol gawang Zenit St Petersburg di fase grup.

- El Shaarawy total sudah mencetak 22 gol dari 37 laga yang dimainkan di semua ajang musim ini. Dia menjadi pencetak gol terbanyak Milan di musim ini dengan dua gol dari 6 laga.

- Christian Abbiati menjadi pemain yang berperan besar dalam mengantar Milan lolos ke babak 16 besar. Total, Abbiati telah melakukan 13 penyelamatan penting di Liga Champions musim ini.

- Riccardo Montolivo menjadi pemain yang paling banyak mengirimkan assist di kubu Milan dengan dua assist.

BARCELONA:
- Barcelona tidak pernah kalah dari Milan dalam 7 pertemuan terakhir. Kekalahan terakhir Barca terjadi pada 20 Oktober 2004. Ketika itu Milan menang 1-0 berkat gol tunggal Andriy Shevchenko.

- Barca memenangi delapan dari 11 laga tandang Liga Champions. Musim ini, mereka sukses mengalahkan Benfica dan Spartak Moskow di laga tandang.

- Secara keseluruhan, Barca punya rekor cukup baik atas klub Italia, yakni meraih 5 kemenangan, 7 imbang dan 5 kali kalah.

- Lionel Messi menjadi pemain yang paling banyak membobol gawang Milan. Dari empat pertemuan musim lalu, Messi tiga kali membobol gawang Abbiati.

- Messi jadi pencetak gol terbanyak Barca musim ini di Liga Champions dengan koleksi 5 gol dari 6 laga. Dia juga mampu jadi penyuplai gol buat rekannya. Ini dibuktikan dengan koleksi 3 assistnya.

- Victor Valdes jadi salah satu pemain yang punya kontribusi Barca di musim ini dengan melakukan 11 penyelamatan.

5 Pertandingan Terakhir Milan (4W, 1D):
Milan-Bologna 2-1, Atalanta-Milan 0-1, Milan-Udinese 2-1, Cagliari-Milan 1-1, Milan-Parma 2-1.

5 Pertandingan Terakhir Barcelona (3W , 2D):
Barcelona-Osasuna 5-1, Real Madrid-Barcelona 1-1 (Copa del Rey), Valencia-Barcelona 1-1, Barcelona-Getafe 6-1, Granada-Barcelona 1-2. (acf)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    "Kecil Kemungkinan Saya Menangkan Ballon d'Or"