Dianggap Terlalu Enteng, Australia Enggan Tampil di AFF

Sabtu, 24 November 2012 - 03:25 wib | Arpan Rachman - Okezone

Skuad Timnas Australia (Foto: blogs.fanbox.com)

Dianggap Terlalu Enteng, Australia Enggan Tampil di AFF
MAKASSAR – Negara yang baru jadi anggota AFC (konfederasi sepakbola Asia), Australia,  memandang rendah perhelatan kejuaraan antarnegara di Asia Tenggara, Piala Suzuki AFF Cup 2012, yang akan digelar di Thailand-Malaysia, mulai 25 November 2012 sampai 22 Desember 2012.

Pandangan rendah dari negara berupa benua itu dinilai oleh mantan pemain nasional era 80-an, Jaya Hartono. Dia membenarkan, sejak 2006 tim berjulukan Sooceroos tersebut telah diterima menjadi anggota AFC. “Memang sekarang Australia masuk anggota AFC,” tanggap Jaya, kepada Okezone, Jumat (23/11/2012).

Sejak itu pula, menurut wikipedia, Australia diundang untuk masuk menjadi bagian dari federasi sepakbola Asia Tenggara (ASEAN Football Federation). Tapi undangan itu tampaknya tidak kunjung jua dibalas.

“Mungkin mereka (Australia) menganggap kelasnya Piala AFF terlalu mudah karena lawannya rata-rata dari ASEAN,” sambung Jaya, pelatih yang kini menukangi Persija IPL.

Terhitung, sejak masuk AFC pada 2006, Australia sudah mengabaikan empat kali penyelenggaraan AFF Cup . Turnamen itu sendiri digulirkan setiap dua tahun, secara bergilir di masing-masing negara anggota.

Terakhir, Australia menampik undangan untuk jadi anggota AFF, malah muncul informasi bahwa Tim Cahill cs sejak 2012 ini memilih berkomitmen untuk mengikuti kompetisi di federasi sepakbola Asia Timur (EAFF). Kendati dalam situs resmi EAFF, tim Asia rasa Eropa itu tidak tercantum sebagai anggota EAFF.

Sejauh ini, baik pengurus AFF maupun FFA (Football Federation Australia) yang coba dihubungi Okezone tidak berkomentar atas hal ini. (acf)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    "Minus Costa & Remi? Masih Ada Drogba"