Cruyff: Tak Ada Akademi Sepakbola Sebaik La Masia

|

Rintani Mundari - Okezone

Johan Cruyff. (Foto: FM Base)

Cruyff: Tak Ada Akademi Sepakbola Sebaik La Masia
KATALONIA – Legenda Barcelona, Hendrik Johannes Cruijff atau yang lebih dikenal Johan Cruyff menilai sistem akademi Barcelona memiliki kebijakan yang dapat menjadi panutan. Cruyff menambahkan, meraih sukses tak harus dengan mengeluarkan banyak uang dan mendatangkan pemain bintang, melainkan dapat memanfaatkan pemain binaan.
 
Sebagai catatan, skuad Raksasa Katalan saat ini mayoritas bermaterikan pemain binaan akademi La Masia. Cruyff yang juga pernah menukangi Blaugrana selama delapan musim (1988-1996) menegaskan betapa pentingnya peran akademi dalam menanamkan ketangguhan mental dan skill para pemain sebelum menjadi pesepakbola profesional.
 
Cruyff yang merupakan pemrakarsa dari akademi muda Barcelona, La Masia pada musim 1979. Saat pria kelahiran Amsterdam, 65 tahun silam itu menyusulkan kepada Josep Nunez untuk mendirikan sebuah akademi seperti yang terjadi pada mantan klubnya, Ajax Amsterdam. Berawal dari sanalah, kini muncul bintang-bintang sepakbola dunia.
 
“Saat memulai, Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya, ini soal bagaimana Anda mengajari para pemain. Tak banyak klub seperti Barcelona, beberapa klub bahkan melupakan talenta yang dimiliki. Tekanan dari luar jauh lebih penting daripada talenta yang mereka miliki,” tutur Cruyff, seperti dilansir Marca, Kamis (8/11/2012).
 
Cruyff menilai apabila pemain dididik dengan baik sejak usia dini maka klub akan mudah mengatasi tekanan yang hadir. Diakui Cruyff bahwa mengerjakan akademi juga membutuhkan dana besar, sama seperti mendatangkan pemain bintang.
 
“Anda tahu apa yang akan Anda miliki. Akar sepakbola akan selalu lebih hemat biaya pada akhirnya. Investasi mungkin sama, karena pemeliharaan akar sepakbola juga membutuhkan uang. Namun, Anda tahu apa yang akhirnya kami dapatkan,” tandas Cruyff.
(rin)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Aksi Gigit Suarez Masih Jadi Sorotan