Goyang Samba Brasil Makan Korban Lagi

|

Achmad Firdaus - Okezone

Para pemain Brasil merayakan gol ke gawang Jepang (Foto: Reuters)

Goyang Samba Brasil Makan Korban Lagi
WROCLAW - Brasil terus meraih hasil positif dalam persiapannya menggelar Piala Dunia 2014. Setelah beberapa hari lalu menggasak Irak, kali ini giliran tim kuat Asia lainnya, Jepang, yang dibekap dengan skor mencolok, 4-0.

Bermain di tempat netral di Stadion Miejski, Wroclaw, Polandia, Selasa (16/10/2012), Brasil tampil dengan susunan yang tak jauh berbeda kala meluluhlantakkan Irak 6-0.

Di lini depan, pelatih Mano Menezes tetap mengandalkan duet Neymar Da Silva dan Hulk. Kaka yang turut mencetak gol saat lawan Irak kembali dipercaya sebagai starter.

Sementara itu, Jepang turun dengan kekuatan terbaiknya seperti saat mempermalukan Prancis 1-0. Pelatih Alberto Zaccheroni mengusung strategi ‘false 9’ dengan menempatkan Hiroshi Kiyotake, Shinji Kagawa dan Keisuke Honda di lini depan.

Jepang membuka peluang lebih dulu lewat Kengo Nakamura yang memainkan umpan satu-dua dengan Kagawa. Sayang, tembakan Nakamura masih mampu digagalkan kiper Brasil, Diego Alves.

Brasil yang bermain cukup efektif langsung menciptakan gol pada kesempatan pertamanya. Di menit ke-12, tendangan keras Paulinho memaksimalkan umpan Oscar gagal dibendung Eiji Kawashima.

Unggul 1-0, Brasil kian leluasa membongkar pertahanan Samurai Biru. Menit ke-17, Paulinho nyaris mencetak gol keduanya di laga ini. Menerima umpan Neymar, gelandang yang tengah dilirik Inter Milan itu sukses memperdaya Kawashima. Sayang, eksekusinya ke masih tipis di sisi gawang.

Terus menekan, Brasil menggandakan keunggulannya pada menit ke-25. Neymar mencatatkan namanya di papan skor lewat eksekusi penalti. Hukuman tendangan 12 pas diberikan wasit usai Kaka dijatuhkan di kotak terlarang.

Brasil nampak belum puas dengan keunggulan 2-0. Empat menit berselang, Kaka mengirim umpan manis ke Neymar. Sialnya, tendangan kaki kiri bintang Santos tersebut masih melambung. Skor 2-0 untuk Brasil bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Brasil langsung menggebrak bahkan sukses menambah keunggulannya menjadi 3-0 saat laga menginjak menit ke-47. Berawal dari umpan sepak pojok Oscar, Neymar yang berdiri di tiang jauh sukses mengontrol bola dan melepaskan tembakan kaki kiri yang gagal dibendung Kawashima.

Brasil kembali punya peluang menambah pundi-pundi golnya saat laga memasuki menit ke-56 dan 59. Pertama, eksekusi Neymar masih menyamping, sementara upaya Hulk lewat tendangan kerasnya digagalkan mistar.

Jepang yang banyak menerima tekanan, sempat mengklaim hadiah penalti menyusul dijatuhkannya Honda oleh Adriano di kotak terlarang. Sayang, wasit tidak menilai insiden tersebut pelanggaran yang pantas dihadiahi penalti.

Brasil yang masih mengendalikan penuh jalannya laga, sukses menggenapi keunggulannya menjadi 4-0 pada menit ke-76. Kali ini, giliran Kaka yang mencatatkan namanya di papan skor dengan sebuah penyelesaian yang gemilang.

Unggul 4-0, Brasil mulai mengendurkan tempo permainan. Menezes pun memutuskan menarik para pemain kuncinya seperti Kaka, Neymar, Hulk, Oscar dan Ramires serta memasukkan para pemain mudanya. Alhasil, hingga laga usai skor 4-0 untuk keunggulan Selecao tak berubah hingga peluit panjang.

Susunan Pemain:
Brasil (4-4-2):
Diego Alves; Adriano, Silva, Luiz, Castan; Paulinho, Ramires/Sandro (87’), Kaka/Moura (82’), Oscar/Neves (89’); Neymar/Damiao (85’), Hulk/Giuliano (77’).

Japan (4-3-3): Kawashima; Sakai/Uchida (46’), Konno, Yoshida, Nagatomo; Endo, Hasebe/Hosogai, Nakamura/Inui (46’); Kiyotake, Kagawa, Honda.
(acf)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Rakitic Ingin Tutup Tahun dengan Manis