Arema Siap Tempur

|

Kukuh Setiawan - Koran SI

MALANG--Pelatih Arema FC versi Indonesian Premier League (IPL) mengklaim timnya sudah siap tempur menghadapi leg pertama AFC Cup kontra Al Ettifaq, Selasa (18/9/2012) nanti. Setelah menuntaskan dua ujicoba dengan hasil gemilang, Dejan menyatakan timnya dalam kondisi nyaris sempurna menatap laga di Stadion Gajayana.
 
Dua ujicoba itu adalah kontra Singapore Armed Forces (SAF) pekan lalu yang berakhir imbang 1-1, serta laga pemanasan lawan tim lokal Putra Jaya yang dimenangi 5-0, Kamis (13/9/2012) kemarin. Evaluasi dua ujicoba tersebut, Dejan yakin timnya bakal on fire menjamu Al Ettifaq dan berharap performa itu tetap terjaga hingga Selasa nanti.
 
Pada laga ujicoba kontra Putra Jaya, tim berjuluk Singo Edan sedikit mengalami penurunan jika melihat kualitas lawan yang levelnya jauh di bawah. Namun Dejan berkilah itu adalah upaya untuk menghindari cedera, karena sejumlah pemain masih bekerja keras memulihkan kebugaran.
 
"Saya sudah puas dengan persiapan sejauh ini. Pemain cukup stabil dalam permainan maupun kondisi fisik. Sekarang saya akan menyiapkan strategi berdasar informasi yang saya dapatkan dari Al Ettifaq. Semoga kami tetap bermain efektif di pertandingan nanti," ungkap Dejan Antonic.
 
Pelatih yang berjaya bersama Kitchee FC ini mengakui kini Al Ettifaq masih sempoyongan di Liga Pro Arab Saudi dan tercecer di urutan 11 klasemen sementara. Walau begitu pelatih asal Serbia tak ingin terkecoh dengan fakta itu dan menganggap Al Ettifaq tetaplah lawan yang sangat berat untuk ditaklukkan.
 
Apalagi leg pertama adalah momentum untuk tancap gas demi memperingan pekerjaan di pertemuan kedua yang dijadwalkan 25 September. Dejan menginginkan fokus pemain sementara ini benar-benar terpusat di leg pertama, tanpa memikirkan pertandingan kedua di Arab Saudi.
 
"Al Ettifaq bisa berpotensi mengejutkan di AFC Cup, itu yang berusaha kami antisipasi. Di liga lokal mungkin mereka kurang bagus, tapi tak ada yang berani menyebut mereka juga kurang bagus di AFC Cup. Mungkin saja AFC Cup lebih menjadi prioritas bagi mereka," tambah Dejan.
 
Penampilan enerjik dan penuh semangat tinggi jelas sangat diidamkan pelatih yang pernah bermain untuk Persema Malang dan Persebaya Surabaya tersebut. Sebab hingga kini timnya belum bisa dipastikan bakal utuh, terutama belum pulihnya tiga pemain, Gunawan Dwi Cahyo, Saddam Tenang, sekaligus Herman Romansyah.
 
Apesnya, Arema FC juga belum mendapat kepastian apakah nanti bisa memainkan Ahmad Amiruddin dan Anggo Julian. Kedua terkena akumulasi kartu kuning di laga kontra Kitchee FC di Hongkong pada babak awal knock out silam. Sedangkan AFC juga belum melansir bagaimana status keduanya di laga nanti.
 
"Kami masih menanyakan ke AFC apakah Amiruddin dan Anggo bisa bermain. Biasanya di babak knock out ada pemutihan kartu, tapi kami tidak mau berspekulasi dan masih menunggu jawaban dari AFC. Kalau memang harus absen, pelatih harus menyiapkan penggantinya," ucap Asisten Manajer Arema FC Rizky Dahlan.
 
Kehilangan Amiruddin bakal menjadi kerugian besar bagi klub berlogo kepala Singa. Bagaimana tidak, semusim terakhir dia menjadi amunisi penting bagi Dejan di semua kompetisi yang dilakoni. Harus diakui trio gelandang serang, yakni Amiruddin, TA Musafri dan Putut Waringin Jati, adalah ramuan paling mujarab di belakang striker.
 
Seandainya dia benar-benar absen, Dejan tak mempunyai pelapis yang sepadan di sektor kiri. Striker timnas Irfan Bachdim yang semula diplot sebagai serep posisi ini nyatanya batal bergabung. Opsi terbaik mungkin mendorong Roman Chmelo ke depan dan menggeser TA Musafri ke kiri. Dengan begitu Dejan tinggal mencari alternatif untuk mengganjal posisi gelandang yang menemani Marko Krasic.
(fir)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Cara Bermain The Reds Bikin Redknapp Kagum