Rodgers: Korban Hillsborough Sumber Inspirasi Pemain

Jum'at, 14 September 2012 - 18:04 wib | Aditya Putra - Okezone

Brendan Rodgers. (Foto: Daylife) Brendan Rodgers. (Foto: Daylife) LIVERPOOL - Terkuaknya fakta tragedi Hillsborough pada Rabu (12/9) lalu membuat warga Liverpool, terutama keluarga para korban sedikit lega. Karena selama ini fans Liverpool yang dituding sebagai pangkal kericuhan.
 
Fakta yang “dihilangkan” selama 23 tahun tersebut terungkap oleh panel independen Hillsborough. Beberapa di antaranya adalah Kepolisian South Yorkshire yang menutup-nutupi kegagalan mereka dalam menangani para korban, dan menyalahkan fans dengan mengatakan banyak yang mencuri barang-barang korban.  
 
“Saat berlatih hari Rabu, kami terhening di lapangan. Saya melihat mata dan wajah para pemain, dan mereka tidak sedang melamun. Mereka paham (akan situasi yang terjadi),” ujar Rodgers, seperti dilansir ESPN, Jumat (14/9/2012).
 
“Setiap orang bisa menjadikannya inspirasi, dari bagaimana perjuangan mereka, waktu dan usaha. Ini bukan hanya pesan bagi klub sepakbola, ini merupakan pesan bagi dunia,” sambung mantan pelatih Swansea City tersebut.
 
Rodgers juga mengatakan kalau ia dan tim hanya bisa membantu lewat prestasi di lapangan. Dan, pelatih berkebangsaan Irlandia Utara itu siap memikul harapan serta memberikan pencapaian terbaik bersama tim.
 
“Apa yang bisa sepakbola berikan bagi mereka (keluarga korban) adalah harapan –dan kami memiliki kesempatan untuk melakukannya. Saya mengerti bagaimana itu bisa berarti bagi mereka, dan saya lebih dari senang bisa membawa harapan tersebut,” ujar Rodgers.   
 
Tragedi Hillsborough terjadi pada 15 April 1989, saat berlangsungnya pertandingan semifinal FA Cup antara Liverpool melawan Nottingham Forest. Saat itu, jumlah penonton yang melebihi kapasitas stadion membuat keadaan kacau, dan menyebabkan 96 orang tewas. (fit)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »