Los Blancos Lolos Meyakinkan

|

A. Firdaus - Okezone

Para punggawa Real Madrid saat merayaka gol Gonzalo Higuain (Foto: Getty Images)

Los Blancos Lolos Meyakinkan
MADRID – Real Madrid hanya butuh hasil imbang saat menjamu CSKA Moskow di leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Tapi anak-anak asuhan Jose Mourinho ini tampil impresif dengan membabat tamunya dengan skor meyakinkan 4-1 atau unggul agregat (5-2).
 
Meski hanya membutuhkan hasil imbang tanpa gol, namun bukan berarti pelatih Jose Mourinho tidak memainkan skuad intinya. Terbukti dalam starting line up, Mourinho memasang Cristiano Ronaldo, Kaka, dan Gonzalo Higuain di depan. Sementara, CSKA Moskow yang wajib menang atau minimal imbang di atas 1-1, terpaksa tidak bisa memakai jasa gelandang Samurai Biru Keisukse Honda.
 
Pada menit kedelapan kedua klub sama-sama mendapatkan dua peluang yang mengancam. CSKA lebih dulu melalui tendangan keras Seydou Doumbia yang masih melambung tipis di bawah mistar kiper Iker Casillas.
 
Sementara dari kubu Madrid, tendangan keras dari Ronaldo masih mampu ditepis kiper CSKA. Sergey Chepchugov. Meski bermain mendominasi, Madrdi justru bermain tertekan oleh serangan balik dari tim tamu.
 
Menit ke-15 Ozil terjatuh di kotak terlarang ketika hendak melewati salah satu bek CSKA. Tapi sang juru pengadil menganggap itu bukan sebuah pelanggaran dan tidak menghasilkan penalti.
 
Kali ini Kaka mendapatkan peluang di menit ke-18. Bermula dari pergerakan Ronaldo di sisi kanan pertahanan CSKA, CR7 langsung mengirimkan crossing datar ke tengah, yang mampu disapu Schennikov. Bola justru jatuh ke kaki Kaka yang langsung melepaskan tendangan. Tapi masih menyamping tipis di samping kiper Chepchugov.
 
Los Blancos akhirnya berhasil membuka gol pada menit ke-26. Kali ini lewat permainan tarik menarik yang dilakukan Sami Khedira dari sisi kiri pertahanan CSKA memberi umpan ke Kaka yang lolos dari jebakan offside. Kaka dengan mudah menyodorkan umpan ke tengah dan disambut dengan baik oleh Higuain. 1-0 milik Madrid.
 
Menit ke-31 madrid melakukan serangan balik yang dilakukan oleh Ronaldo. Namun sebelum memasuki kotak terlarang, Vasilii Berezutski menjatuhkan CR7. Beruntung, Berezutski hanya diganjar kartu kuning saja, padahal posisi CR7 berpeluang menambah gol Madrid.
 
CSKA balas memberikan perlawanan, bermula dari pergerakan Doumbia yang menggiring bola, namun terlepas. Bola liar langsung dilepaskan oleh Ahmed Musa dengan keras. Kali ini tendangan keras Musa masih bisa ditepis Casillas.
 
Memasuki menit ke 40, Madrid terus tampil dominan. Namun hingga wasit meniup peluit tanda pertandingan rehat, skor 1-0 tetap tak berubah untuk keunggulan Madrid.
 
Baru empat menit pertandingan babak kedua berjalan, Ronaldo sudah mengancam lewat tendangannya, yang kali ini mampu ditepis dengan baik oleh penjaga gawang Chepchugov.
 
Ronaldo menambah pundi-pundi gol Madrid, setelah melakukan tendangan spekulasi dari jarak 27 meter. Alhasil bola yang tidak membahayakan itu gagal ditangkap dengan baik oleh Chepchugov. Madrid pun unggul 2-0 di menit ke-55.
 
Higuain nyaris saja mencetak gol kedua di pertandingan ini, jika dia tidak terperangkap offside di menit ke 57. dan, pada menit ke 69, Higuain diganti dengan Benzema. Dan fantastisnya, belum ada semenit Benzema langsung mencetak gol.
 
Bermula dari umpan Ozil dari sisi kiri pertahanan CSKA, disambut dengan baik oleh Benzema. Tendangan dari striker Timnas Prancis itu sempat diblok, tapi bola rebound justru kembali ke kaki Benzema. Tanpa ampun, Benzema langsung menceplokannya ke gawang yang tidak mampu dihalau lagi oleh Chepchugov. Skor 3-0, Madrid pun kian menjauh dengan keunggulan agregat 4-1.
 
Tapi CSKA berupaya mengejar. Adalah Zoran Tozic yang melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti setelah mendapatkan umpan dari Alan Dzagoev. Bola meluncur deras dan mengenai mistar sebelum masuk ke gawang Casillas yang kali ini tak bisa berbuat apa-apa. Skor kembali menipis di menit ke-77 menjadi 3-1 (4-2).
 
Usai mencetak gol balasan, CSKA bermain lebih dominan. Sementara Madrid lebih mencoba untuk menurunkan tempo permainan, karena mereka sudah puas dengan hasil tersebut.
 
Tapi akhirnya El Real menambah gol di sisa pertandingan lewat gol kedua Ronaldo di menit ke 94 yang dengan mudah menceploskan bola setelah menerima umpan sempurna dari Benzema. Skor 4-1 bertahan hingga pertandingan usai. Dengan begitu Madrid unggul agregat 5-2, sekaligus memastikan lolos ke babak perempat final Liga Champions musim ini.
 
Susunan Pemain:
Real Madrid: 1. Casillas, 4. Sergio Ramos, 3. Pepe, 17. Arbeloa, 12. Marcelo,
8. Kaka (Granero 75’), 14. Xabi Alonso, 10. M. Ozil (Diarra 88’), 6. S. Khedira, 7. Cristiano Ronaldo, 20. G. Higuaín (Benzema 69’)
 
CSKA: 1. S. Chepchugov, 24. V. Berezutski, 4. S. Ignashevich, 6. A. Berezutski, 42. G. Schennikov, 3. P. Wernbloom, 22. E. Aldonin (Mamaev 46’), 10. A. Dzagoev, 21. Z. Tozic (Necid 81’) 8. S. Doumbia, 18. A. Musa (Oliseh 60)
(fir)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Bermain 10 Lawan 10, PSG Justru Termotivasi