AC Milan 55 - 45 Juventus

|

Achmad Firdaus - Okezone

Foto: Ilustrasi Okezone

AC Milan 55 - 45 Juventus
DUEL paling akbar Serie A akan terhampar akhir pekan ini. Dua tim teratas klasemen sementara, AC Milan dan Juventus akan saling sikut demi memuluskan jalan menuju scudetto. Siapa menang?

Saat ini, I Rossoneri dan I Bianconeri tengah bersaing ketat memperebutkan gelar scudetto. Milan untuk sementara berada di puncak klasemen sementara dengan 50 poin atau unggul satu angka dari Juve yang masih menyimpan satu laga tunda.

Kondisi inilah yang membuat laga di San Siro, Minggu (26/2/2012) dini hari nanti, akan sangat krusial bagi kedua tim. Banyak kalangan mulai dari analis, kolumnis hingga pelatih dan mantan pelatih menyebut laga ini bakal jadi penentu scudetto.

“Saya pikir, pertandingan Sabtu (Minggu dini hari-red) akan menampilkan pertandingan indah. Ini akan jadi duel menarik yang mungkin akan menentukan gelar. Saat ini kami berada di jalur scudetto dan secara virtual tertinggal dua angka dari Juve,” tutur Massimiliano Allegri, pelatih Milan.

Berbicara soal duel ke-76 di San Siro, Milan punya rekor cukup baik yakni meraih 26 kemenangan, sementara Juve hanya mampu meraup 18 kemenangan. Sisanya, sebanyak 32 laga berakhir imbang.

Namun, fakta sejarah di atas tidak lantas bisa dijadikan patokan. Apalagi, Juve di bawah arahan Antonio Conte musim ini tampil cemerlang dan belum sekalipun menelan kekalahan.

Di partai tandang, Juve juga mampu menunjukkan performa apik. Skuad Nyonya Tua selalu mampu mencuri poin dari tim tuan rumah, baik itu melawan tim kecil maupun tim besar seperti Napoli (3-3), Roma (1-0) dan Udinese 0-0.

Bandingkan dengan performa kandang Milan yang tampil kurang greget ketika menghadapi tim-tim papan atas; kalah dari Inter (0-1) serta ditahan Napoli (0-0), Udinese (1-1) dan Lazio (2-2).

Namun, belakangan ini Milan mulai menunjukkan performa mengesankan. Diawali kemenangan 2-1 atas Udinese di Friulli, skuad Iblis Merah mengecundangi Arsenal 4-0 pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Terkini, Milan sukses membenamkan Cesena 3-1, akhir pekan lalu. Tiga kemenangan beruntun ini jelas memberikan suntikan kepercayaan diri dalam diri punggawa Milan.

Di lain kubu, Juve juga dipastikan tak kalah pede. Kemenangan 2-1 yang mereka petik di San Siro atas Milan di laga leg pertama Coppa Italia beberapa waktu lalu, menjadi salah satu alasan mengapa mereka pantas percaya diri bisa mencuri poin di San Siro. Total, dari dua bentrok di musim ini, Juve berhasil menyapu bersih dengan kemenangan.

Dalam pertandingan nanti, Juve juga dipastikan bisa turun dengan kekuatan terbaiknya. Dari laporan terkini, tidak akan pemain kunci I Bianconeri yang cedera. Kondisi ini membuat allenatore Antonio Conte bisa leluasa menentukan pemain dalam skema baru yakni 3-5-2 yang kabarnya akan diterapkannya.

Mantan pilar Milan, Andrea Pirlo hampir bisa dipastikan bakal jadi andalan di lapangan tengah Juve. Conte berharap, pengalaman Pirlo selama 10 tahun berkostum Milan bisa memberikan hasil positif buat timnya.

Sementara Milan dipastikan tidak bisa tampil full-team. Bomber andalan, Zlatan Ibrahimovic dipastikan absen lantaran pengajuan bandingnya ditolak komisi disiplin Lega Calcio. Ibra harus menjalani hukuman larangan tampil terakhirnya (ketiga) usai menampar bek Napoli, Salvatore Aronica.

Selain Ibra, Milan juga dipastikan tidak akan diperkuat sejumlah gelandang andalannya, seperti Clarence Seedorf, Gennaro Gattuso, Mathieu Flamini. Sementara Kevin Prince Boateng masih meragukan.

Dengan absennya sejumlah pemain kunci, kemungkinan besar Allegri akan memasang Alexandre Pato atau Stephan El Shaarawy untuk menggantikan posisi Ibra untuk berduet dengan Robinho. Sementara di posisi trequartista yang biasanya ditempat Boateng akan diisi Urby Emanuelson yang tampil apik kala Milan menang 3-1 atas Cesena.

Prediksi Skor: AC Milan 2 – 1 Juventus

Prakiraan skuad:
Milan (4-3-1-2):
Abbiati; Abate, Mexes, Silva, Mesbah; Nocerino, Van Bommel, Muntari; Emanuelson; Pato, Robinho

Juventus (3-5-2): Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner, Vidal, Pirlo, Marchisio, Pepe; Matri, Vucinic

Head to head:
Coppa Italia (09/02/12): Milan 1 – 2 Juventus
Serie A (03/10/11): Juventus 2 – 0 Milan
Laga Persahabatan (22/08/11): Milan 2 – 1 Juventus
Serie A (06/03/11): Juventus 0 – 1 Milan
Serie A (31/10/10): Milan 1 – 2 Juventus (acf)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    Falcao Bak Harimau Lapar