Share

Kejutan dari Tanah Para Dewa

Fitra Iskandar

Jum'at, 3 Februari 2012 - 18:01 wib

Portugal ditunjuk sebagai tuan rumah Euro 2004 yang digelar 12 Juni-4 Juli setelah mengalahkan dua kandidat lain Spanyol, Austria-Hungaria. Delapan kota pun ditunjuk untuk menggelar pertandingan yaitu Aveiro, Braga, Coimbra, Guimarães, Faro/Loulé, Leiria, Porto and Lisbon.

Euro 2004 boleh dibilang cukup banyak menghadirkan kejutan. Di babak grup, tiga tim favorit, Jerman, Spanyol dan Italia tak diduga-duga tumbang.

Jerman yang menghuni Grup D hanya finis di urutan tiga dengan poin dua. Setelah di laga pembuka hanya bermain imbang 1-1 dengan Belanda, kemudian bermain seri 0-0 dengan Latvia. Tragis di laga terakhir Der Panzer takluk dari Rep Ceska 1-2.

Spanyol juga harus menerima kenyataan pahit tersingkir karena kalah bersaing dengan Portugal dan Yunani. Di fase ini, Tim Matador kalah selisih gol dengan Yunani sementara Portugal menjadi pemuncak klasemen Grup A.

Italia yang bergabung di Grup C lebih dramatis. Meski mengoleksi poin sama dengan pemuncak klasemen Swedia dan Denmark di posisi kedua, Gli Azzurri langsung angkat koper karena kalah selisih satu gol dengan Denmark dan empat gol dengan Swedia.

Yang paling mengejutkan Yunani bersama pelatih asal Jerman Otto Rehhagel benar-benar membalikkan prediksi publik.Mereka akhirnya mampu memboyong lambang supremasi sepakbola terbesar di Eropa itu setelah menundukkan tuan rumah Portugal 1-0 di Lisbon, lewat gol tunggal dari Angelos Charisteas. Sebelumnya, di semi final, The Hellas menyingkirkan Rep Ceska dengan skor sama.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester United FC 6
    2 West Bromwich Albion 6
    3 Watford 4
    4 Liverpool 4
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Sociedad 3
    2 Leganes 3
    3 Valencia CF 3
    4 Athletic Madrid 1
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 3
    2 Napoli 3
    3 Udinese 0
    4 Bologna FC 0
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 3
    2 FC Bayern Munich 3
    3 FC Schalke 04 3
    4 Hertha BSC 3