Pep Guardiola dan Pique (Foto: Daylife)

Rahasia Formasi Ampuh Barca Racikan Guardiola

Sebastianus Epifany

Rabu, 25 Januari 2012 - 06:35 wib

BARCELONA - Gerard Pique secara blak-blakan mengungkapkan rahasia formasi Barcelona di musim 2011/2012 ini. Siapa sangka, ternyata formasi ini ditemukan oleh Guardiola ketika masa pra musim karena permainan Barcelona terlalu mudah ditebak.
 
Kiprah Barcelona di musim 2010/2011 menghasilkan trofi Liga Champions dan La Liga Primera. Walau begitu, hal tersebut tidak membuat Guardiola puas sehingga dirinya menciptakan bentuk formasi baru yang membuat Los Azulgrana tampil lebih ofensif.

“Kami memulai musim ini dengan masa pra musim, dan pelatih (Guardiola) mendapatkan ide karena dia merasa kami telah terlalu mudah ditebak, setiap orang mengetahui kami dan bermain dengan setiap orang di belakang bola,” ujar Pique, dilansir dari Sporting Life, Rabu, (25/1/2012).

“Ide dibalik formasi 3-4-3 adalah agar kami lebih bermain menyerang, memberikan kami lebih banyak penguasaan bola, dan membantu kami menciptakan lebih banyak peluang mencetak gol,” tambahnya.

Formasi ini memang mumpuni, karena dengan 3-4-3, Barcelona kerap meraih kemenangan dengan skor besar, dimana yang paling akbar adalah membantai Malaga 4-1 akhir pekan lalu. Walau begitu, formasi ini memiliki efek samping untuk para pemain El Barca.

“Anda harus lebih banyak berlari. Setelah pertandingan, anda akan merasa lebih lelah karena anda telah melakukan lebih banyak serangan, dan anda tertarik ke area yang lebih lebar,” paparnya.

Pique sendiri secara personal mengaku menyukai formasi ini dengan mengatakan,”Ini seperti memberikan hukuman lebih banyak kepada para bek tengah. Itulah yang dikatakan (tentang formasi tersebut), dan ini hal yang sangat bagus untuk saya secara pribadi, karena membuat saya lebih bebas.”
 
klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 34
    2 Arsenal FC 31
    3 Liverpool 30
    4 Manchester City 30
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 34
    2 FC Barcelona 28
    3 Sevilla 27
    4 Athletic Madrid 25
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 36
    2 AS Roma 32
    3 AC Milan 32
    4 Napoli 28
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Red Bull Leipzig 33
    2 FC Bayern Munich 30
    3 Hertha BSC 27
    4 Hoffenheim 25