Foto: Messi & Guardiola saat merayakan kemenangan/Getty Images

Timnas Argentina Impikan Guardiola

Achmad Firdaus

Kamis, 12 Januari 2012 - 11:39 wib

BUENOS AIRES - Timnas Argentina nampaknya sudah tidak tahu harus bagaimana cara membuat Lionel Messi menampilkan performa ciamiknya bersama Timnas. Impian merekrut mentor Messi di Barcelona, Josep Guardiola pun sempat mengemuka.

Hal tersebut dikemukakan langsung Presiden Federasi Sepak Bola Argentina, Julio Grondona. Dalam sebuah wawancara, Grondona mengakui pihaknya sempat berpikir untuk memboyong Guardiola agar Messi mampu memberikan gelar Piala Dunia, satu-satunya trofi yang belum diraih bocah ajaib 24 tahun ini.

“Jika Argentina FA punya dana yang mendukung, Guardiola pasti akan ditunjuk melatih Tim Nasional,” tutur Grandona sebagaimana dikutip Goal, Kamis (12/1/2012).

“Itu merupakan impian kami untuk menjadikannya (Guardiola) pelatih,” sambungnya.

Ya, Guardiola diketahui merupakan sosok pelatih yang bisa dikatakan paling sukses mengeluarkan kemampuan terbaik Messi. Ini dibuktikan dengan performa kinclong sang pemain hingga berhasil menyumbangkan 13 trofi untuk Barca.

Tak hanya memberikan sumbangsih riil untuk klubnya, Barcelona, Messi juga banyak mendapat penghargaan individu. Trofi Ballon d’Or untuk kali ketiga secara beruntun yang baru saja diraihnya, Senin lalu menjadi bukti sahih kehebatan Messi.

Sayang, pencapaian Messi di klub tidak dibarengi dengan penampilan cemerlang ketika membela nagaranya, Argentina. Ya, Messi belum mampu membawa Argentina meraih titel bergengsi meski Tim Tango bergantian ditangani tiga pelatih, yakni Diego Maradona, Sergio Batista dan kini Alejandro Sabella. Mungkin memang hanya bersama Guardiola, Messi baru bisa membawa Argentina juara?
klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 34
    2 Arsenal FC 31
    3 Liverpool 30
    4 Manchester City 30
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 34
    2 FC Barcelona 28
    3 Sevilla 27
    4 Athletic Madrid 25
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 36
    2 AS Roma 32
    3 AC Milan 32
    4 Napoli 28
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Red Bull Leipzig 33
    2 FC Bayern Munich 30
    3 Hertha BSC 27
    4 Hoffenheim 25