Share
Penalti Gerrard Bawa berikan kemenanga Liverpool 1-0 atas Manchester City.  (daylife)

Liverpool Permalukan City di Etihad

Muhammad Indra Nugraha

Kamis, 12 Januari 2012 - 04:32 wib

MANCHESTER – Liverpool akhirnya berhasil memenangkan laga melawan Manchester City di leg I babak semifinal Carling Cup dengan skor tipis 1-0, Kamis (12/1/2012). Gol tunggal The Reds di babak pertama berhasil dicetak oleh sang kapten Steven Gerrad lewat tendangan penalti di babak pertama.

Kemenangan Liverpool ini membuat dendam mereka terbalaskan ketika dikalahkan 3-0 oleh City di ajang Premier League. Tidak hanya itu kemenangan ini membuat kans Liverpool menuju final semakin besar karena pada leg ke kedua akan bermain di markas sendiri.

Sedangkan, The Citizens harus berjuang mati-matian di leg kedua nanti. Tim asuhan Roberto Mancini membutuhkan kemenangan dengan selisih minimal dua gol untuk bisa lolos ke grand final Carling Cup.

Memang pada laga ini Liverpool tampil cukup gemilang. Punggawa The Reds pun lebih dominan dalam penguasaan bola berbeda dengan The Citizens yang tampak kurang maksimal setelah ditinggal Yaya dan Kalou Toure karena mengikuti Piala Afrika dan David Silva yang mengalami cedera.

Babak Pertama
Liverpool yang bertandang ke Etihad Stadium, Kamis (12/1/2012) dini hari WIB, langsung melancarkan serangan ke barisan pertahanan The Citizens dan terlihat cukup gigih untuk mencetak gol terlebih dahulu, namun usahanya masih bisa dipatahkan barisan belakang City.

Tidak ingin terserang terus, The Citizens langsung berkreasi dengan menciptakan beberapa serangan balik. Sama halnya dengan The Reds, usaha mereka pun masih belum bisa menghasilkan gol.

Petaka bagi City datang di menit  ke-12 ketika Stefan Savic membuat kesalahan dengan melanggar Daniel Agger di kotak penalti sendiri dan wasit Lee Mason tanpa ragu langsung menghadiahi The Reds penalti.

Kapten Liverpool, Steven Gerrard yang menjadi eksekutor tendangan penalti tersebut berhasil membobol gawang Joe Hart dan membuat The Reds unggul 1-0 pada menit ke 13. Memasuki pertengahan babak pertama kedua tim masih terlibat jual beli serangan dengan cukup sengit dan terjadi beberapa pelanggaran cukup keras.

Di menit ke 29 tim tuan rumah mendapatkan peluang lewat tendangan bebas, namun tendangan Mario Balotelli masih membentur pagar hidup pemain The Reds. Hingga akhir babak kedua Liverpool masih unggul dengan skor tipis 1-0.

Babak kedua
Memasuki babak kedua Liverpool langsung tanpa gas dan melakukan beberapa tusukan ke daerah City. Meski tidak menghasilkan gol, namun usaha mereka membuat barisan belakang The Citizens cukup kewalahan.

Sama seperti halnya babak pertama, City lebih memanfaatkan serangan balik. Peluang mereka di dapati menit ke-65 lewat kaki Sergio Aguero, sayang tendangannya masih ditangkap oleh kiper Pepe Reina. Memang dalam laga ini Reina tampil cukup apik dan kerap mematahkan beberapa peluang yang didapatkan City.

Menit 78,  giliran Gareth Barry  mendapatkan peluang setelah melewati beberapa bek Livepool. Bahkan, Barry sempat berhadapan satu lawan satu dengan Reina. Namun kiper asal Spanyol tersebut memupuskan peluang gol Barry.

Merasa tertekan dengan gempuran para punggawa Liverpool membuat para pemain City terlihat cukup frustasi dan permainan pun berubah menjurus kasar. Seperti yang terjadi di menit 85, Samir Nasri dan Jamie Carragher terlibat cekcok dan wasit pun langsung memberikan kartu kuning kepada keduanya.

Hingga tiga menit pertambahan waktu di babak kedua, City tidak bisa memberikan gol balasan ke gawang Liverpool. Dengan ini Liverpool berhasil memenangi legi I laga semifinal Carling Cup dan jika ingin lolos ke babak final, City harus memenangkan laga di leg kedua 26 Januari mendatang dengan minimal selisi dua gol.

Susunan Pemain:
Manchester City: Joe Hart, Micah Richards, Joleon Lescott, G. Clichy, S. Savic, N. de Jong (Aleksandar Kolarov ’72), Gareth Barry, Adam Johnson (Edin Dzeko ’68), James Milner, Sergio Aguero, Mario Balotelli (Samir Nasri ’39).

Liverpool: Pepe Reina, G. Johnson, Daneil Agger, M. Skrtel, M. Kelly, Stewart Downing (Jose Enrique ’60), Steven Gerrard, J. Spearing (Charlie Adam ’22) , J. Henderson,  Craig Bellamy (Jamie Carragher ’77) , Andy Carroll.
klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester United FC 3
    2 Huddersfield Town 3
    3 Tottenham Hotspur FC 3
    4 Manchester City 3
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Sevilla 0
    2 Alaves 0
    3 Real Madrid CF 0
    4 Las Palmas 0
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 0
    2 Cagliari Calcio 0
    3 Chievo Verona 0
    4 Torino 0
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 SV Werder Bremen 0
    2 FC Koln 0
    3 Bayer Leverkusen 0
    4 Hannover 96 0