Foto: Ist

Firman & Ponaryo, Alasan Ilham Ingin Mudik ke SFC

Deddy Pranata

Rabu, 26 Oktober 2011 - 11:12 wib

PALEMBANG - Pemain asal Palembang Ilham Jaya kesuma menyatakan minatnya untuk memperkuat SFC. Bahkan rencananya, Rabu (26/10/2011)) pemain yang sebelumnya bermain di divisi utama bersama Mitra Kukar ini akan ke Palembang untuk mengikuti seleksi.

Direktur Teknik dan Sumber Daya Manusia (SDM) PT SOM Hendri Zainuddin mengatakan kepastian Ilham Jaya Kesuma ke Palembang didapatkannya dari Firman Utina.

"Menurut Firman, Ilham ingin bergabung bersama SFC. Namun kita tidak bisa langsung menerimanya, tetap harus menjalani seleksi bersama pelatih," kata Hendri Zainuddin, Selasa (25/10/2011).

Dikatakan Hendri keinginan Ilham bergabung, karena di SFC ada Firman Utina dan Ponaryo Astaman. "Dengan bergabung bersama Firman dan Ponaryo, Ilham yakin dirinya bisa mengulang masa keemasannya jika memperkuat SFC," ujar Hendri.

Menurut Hendri kepastian bergabung atau tidaknya Ilham bersama SFC tergantung dengan pelatih, sebab kalau untuk harga, sudah tidak ada masalah lagi. "Jika menurut pelatih bagus, dia langsung kita kontrak, karena tidak ada masalah dengan harga,” kata Hendri.

Pihak SFC memang merasa perlu menguji kemampuan Ilham, mengingat Ilham sudah tidak muda lagi dan SFC belum mengetahui kemampuan terakhir pemain asli kota pempek yang sebelumnya sempat jadi striker kebanggaan timnas Indonesia.

Sementara itu pelatih SFC Kashartadi membenarkan perihal kedatangan Ilham ke Palembang. Walau tidak meragukan kemampuan yang dimiliki Ilham, namun proses seleksi akan tetap diberlakukan.

"Kita semua tentu sudah megetahui kemampuan Ilham. Dia pernah menjadi top skor Liga Indonesia serta Piala Tiger, tetapi sekarang Ilham tidak muda lagi. Usianya sudah 33 tahun. Karena itu kita perlu menguji kemampuannya melalui seleksi," kata Kashartadi.

Menurut Kashartadi, jika Ilham bisa menunjukan kemampuan terbaiknya saat seleksi, maka dirinya akan menerima Ilham. Namun jika kemampuan Ilham sudah turun pesat, Kashartadi tidak bisa memaksakannya. "Nasib Ilham kita putuskan dalam seleksi," ujar Kashartadi.

lham Jaya Kesuma adalah pemain kelahiran Palembang, 19 September 1978. Pemain dengan tinggi 173 cm ini adalah top skor di ajang Piala Tiger 2004 dengan koleksi 7 gol. Bukan itu saja, dirinya juga menjadi top skor Ligina VIII dengan mencetak 26 gol dan bersama klubnya Persita Tangerang, dirinya juga pernah menjadi top skor Liga Indonesia X dengan torehan 22 gol.
klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Chelsea FC 93
    2 Tottenham Hotspur FC 86
    3 Manchester City 78
    4 Liverpool 76
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 93
    2 FC Barcelona 90
    3 Athletic Madrid 78
    4 Sevilla 72
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 91
    2 AS Roma 87
    3 Napoli 86
    4 Atalanta BC 72
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 82
    2 Red Bull Leipzig 67
    3 Borussia Dortmund 64
    4 Hoffenheim 62