Apa yang Terjadi, Jika Messi dan CR7 Bertukar Tim?

Sabtu, 10 September 2011 - 06:24 wib | Dewi - Okezone

Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo/Foto: Daylife Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo/Foto: Daylife MADRID – Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi kini menjadi ikon di klub masing-masing. Tak jarang keduanya kerap dibandingkan, meski sebenarnya masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri.
 
Messi begitu melekat dengan Barcelona, klub yang telah membesarkan namanya. Begitu juga dengan CR7 –sebutan Ronaldo- yang sering menjadi inspirator Los Blancos.
 
Messi, memang telah memenangi banyak gelar bersama Azulgrana. Sementara itu, CR7 baru bisa mempersembahkan gelar Copa del Rey untuk Madrid. Tapi, dari segi skill individu, keduanya yang terbaik saat ini.
 
Namun, apa yang akan terjadi jika Messi dan CR7 bertukar tim. Berikut analisa Yahoosport, Sabtu (10/9/2011) ketika berrandai-andai Messi berkostum Madrid, sementara CR7 berada satu tim dengan Xavi Hernandez dan Andres Iniesta.
 
Pembagian bola
Barcelona sukses memperagakan gaya tiki-taka yang kerap membuat lawan kesulitan mengambil alih jalannya pertandingan. Dalam sistem ini Barca sangat bergantung pada passing dan pengusaan bola. Pola permainan ini bisa berjalan dengan baik berkat dua jenderal lapangan tengah, Xavi dan Iniesta.
 
Keduanya seringkali menjadi ruh permainan Azulgrana dengan pengaturan serangan brilian. Messi bisa bekerja dengan baik di Barca berkat dukungan Xavi dan Iniesta di lini tengah.
 
Namun, melihat permainan CR7 bersama Madrid selama ini, dia terlihat lebih individualistis. CR7 memang diberi tugas untuk mengacak-acak lini belakang lawan. Jika bergabung ke Barca, CR7 harus belajar lebih banyak bagaimana membagi bola dengan rekan setim.
 
Jumlah Gol
Tak perlu meragukan kapasitas CR7 dan Messi dalam mencetak gol. CR7 merupakan salah satu pemain haus gol. Dia akan berkembang dengan baik di Barca dengan sokongan Xavi dan Iniesta di tengah.
 
Messi memang begitu sukses bersama Barca. Tapi, perlu diingat sukses Messi tak lepas dari kehadiran dua gelandang Xavi dan Iniesta. Sebagai bukti, Messi tidak sesukses seperti di Barca ketika membela Timnas Argentina.
 
Situasi ini mungkin membenarkan adanya anggapan Messi sebenarnya bisa sukses dengan bantuan rekan setimnya, berbeda dengan CR7 di Madrid.
 
Andai keduanya bertukar tim, CR7 tak akan kesulitan membukukan gol-golnya ke gawang lawan, namun bersama Madrid Messi diprediksi justru bakal mengoleksi gol lebih sedikit ketimbang CR7.
 
Pemain Terbaik Dunia
Baru-baru ini Messi dinobatkan sebagai pemain terbaik di dunia setelah menyabet trofi FIFA Ballon d’Or. Dia juga memenangi gelar UEFA Best Player. Pencapaian ini jelas berdasar pada performa Messi bersama Barcelona.
 
Andai CR7 hijrah ke Barca, bukan tidak mungkin dia-lah yang menyabet gelar-gelar individu bergengsi tersebut. Seperti yang disebutkan sebelumnya, di Barca Messi mendapat dukungan penuh dari dua jenderal lapangan tengah, Xavi dan Iniesta.
 
CR7 akan makin berbahaya jika dia bermain dengan Xavi dan Iniesta. Sebaliknya, Messi diragukan bisa tampil secemerlang seperti di Barca jika dia hijrah ke Santiago Bernabeu.
(wei)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »