Walcott: Fans Bulgaria Rasis!

|

Achmad Firdaus - Okezone

Foto: Theo Walcott (kiri) saat merayakan gol Wayne Rooney/Reuters

Walcott: Fans Bulgaria Rasis!
SOFIA - Sejumlah punggawa Timnas Inggris dikabarkan mendapat perlakuan rasis dari fans Bulgaria saat kedua tim bentrok di Sofia pada laga lanjutan kualifikasi Euro 2012, Sabtu (3/9/2011). Winger The Three Lions, Theo Walcott mengaku mendengar dengan jelas 'teriakan’ rasis tersebut.

Raut kekecewaan terpancar di wajah bintang Arsenal, Walcott meski Inggris sukses menundukkan tuan rumah Bulgaria dengan skor telak 3-0. Walcott mengklaim dirinya dan sejumlah rekannya, terutama berkulit gelap mendapat perlakuan rasis dari fans Bulgaria yang meneriakkan, (maaf) kata monyet.

“Saya menyadari itu (teriakan rasis). Itu sangat jelas terdengar,” tutur Walcott seperti dikutip Sportinglife, Sabtu (3/9/2011).

“Saya mencoba mengabaikannya. Tapi, itu juga mengarah kepada saya. Saya pikir, FA harus mengambil tindakan dan saya tidak ingin berkomentar lebih jauh. Bagi saya, hasil akhir adalah yang terpenting,” sambungnya.

Namun, pernyataan Walcott tidak didukung oleh komentar pelatih Fabio Capello yang mengaku tidak mendengar teriakan rasis yang dikumandangkan fans Bulgaria. “Saya tidak mendengarnya karena saya fokus ke pertandingan. Tapi, bagaimanapun Anda pasti tidak ingin kejadian itu terjadi,” imbuhnya.

Terlepas dari pernyataan Capello, pihak otoritas sepakbola Inggris, FA dikabarkan telah mengirimkan keluhannya federasi sepakbola Bulgaria dan meneruskannya ke perwakilan UEFA yang hadir dalam laga tersebut. Kini, tinggal bagaimana mereka menindaklanjutinya.

Sementara itu dari kubu Bulgaria, pelatih Lothar Matthaus mengaku tidak mendengar teriakan rasis. Namun, jika pun memang ada, pelatih berkebangsaan Jerman ini mewakili seluruh publik Bulgaria mengajukan permintaan maaf.

“Saya tidak bisa mengatakan apapun tentang hal ini (rasis), karena saya tidak tahu. Dalam kapasitas saya sebagai pelatih, saya tidak bisa memberikan komentar. Tapi, memang akan sangat disayangkan bila hal seperti ini terjadi. Maka dari itu, saya atas nama Federasi Sepakbola Bulgaria meminta maaf,” pungkasnya. (acf)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    "Gol Suarez Akan Datang"