Skuad Persib yang Layak Dipertahankan 60%

|

Huyogo Simbolon - Koran SI

Skuad Persib Berlatih.(foto:SINDO)

Skuad Persib yang Layak Dipertahankan 60%
BANDUNG – Daniel Roekito memang bungkam soal penilaian terhadap pasukan Maung Bandung – julukan Persib – selama musim ini. Namun, secara subjektif dia menilai pemain yang layak dipertahankan untuk musim depan hanya 60 persen saja. Hal itu dikarenakan tidak semua skuad Persib musim ini memberikan kontribusi yang maksimal.
 
Pelatih yang menangani Eka Ramdani dkk sejak November silam, mengakui ada perubahan yang terjadi semenjak dirinya datang ke Bandung. Upaya pelatih berusia 59 tahun dalam menangani skuad Persib memang sempat mengenai kendala besar.
 
Terhitung dalam enam partai di awal musim sudah dilakukan pergantian pelatih. Kala itu estafet kepelatihan berganti dari Darko Janackovic kepada asisten Jovo Cuckovic. Pada saat yang sama konon tim dinilai tidak harmonis. Musim ini, tercatat penghuni Persib merupakan pemain dengan label bintang.
 
Situasi yang membuat Persib tercecer di dasar klasemen membuat manajemen
mengambil keputusan mendatangkan Daniel. Padahal, tim kurang begitu diperhatikan. Di putaran II Indonesia Super League (ISL) 2010/2011 Manajer Umuh Muchtar mendepak tiga pemain dan memasukan tiga pemain lagi. Dalam keputusannya, Umuh memilih mendatangkan tiga pemain anyar tanpa persetujuan seluruh pemegang saham PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB).
 
Menghadapi kondisi yang cukup rumit tersebut, Daniel berusaha untuk meredakan situasi antara pemain. Seperti yang pernah dia lontarkan di akhir musim ini, para pemain dia persatukan setelah terasa ada “kelompok kecil” di dalam tim. Hasilnya, Daniel memang hanya mampu membawa Persib finis di urutan ke-7.
 
“Secara jujur saya katakan akan mempertahankan 60 persen pemain saja. Terserah, apakah akan berbeda selera kepada siapapun pelatihnya,” ungkap Daniel. Meski mengutarakan demikian, Daniel sadar akan posisinya yang musim depan belum tentu dipertahankan manajemen Persib.
 
“Sejak saya berada di Bandung dalam rangka melatih Persib, pemain sudah mulai padu. Kondisi yang rumit sudah cukup membaik. Memang, pelatih musim depan belum tentu saya kan?. Kalaupun saya yang dipertahankan, saya akan jujur seperti ini,” terang mantan juru taktik Persiba Balikpapan ini.
 
Saat ditanya, apakah jawaban tersebut lantaran ada maksud dirinya untuk dipertahankan manajemen, Daniel mengelak. “Kalau saya dipertahankan itu urusan nanti. Yang jelas, penilaian akan saya berikan dalam waktu dekat,” tegasnya. Daniel akan kembali pada 4 Juli mendatang yang langsung akan berkoordinasi dengan asisten dan manajer untuk melaporkan penilaian pemain.
 
Adapun mengenai pelatih yang menangani Persib musim depan, mantan pembesut Persik Kediri ini menyerahkan pada orang yang bersangkutan. Hanya saja dia menyarankan, skuad Persib jangan banyak diubah. “Kalau dibongkar lagi akan sulit lagi musim depan. Tiap pelatih berbeda selera mengenai hal ini. Karena, pelatih baru lah akan menentukan,” pungkasnya.
(fit)

berikan komentar anda

Login untuk komentar

Login
0 komentardisclaimer

    berita lainnya

    Baca Juga

    "Penampilan Mignolet Lebih Buruk dari Dracula"