Kumi Yokoyama.(foto:Reuters)

Gol Messi Disaingi Pemain Putri U-17 Jepang

Fitra Iskandar

Rabu, 17 November 2010 - 11:52 wib

BERNE - Lionel Messi dan Arjen Robben masuk dalam nominasi penghargaan gol terbaik FIFA tahun ini. Siapa saingan kedua pemain top ini? Ronaldo, Kaka, atau Rooney? Ternyata bukan. Sejumlah pemain tidak terkenal justru masuk dalam nominasi.

Selasa, (16/11/2010), FIFA mengumumkan 10 gol terbaik, termasuk gol dari seorang remaja Jepang, dan pemain di divisi II Liga Swedia. Selain itu, sebuah gol yang tercipta di Liga Premier Irlandia Utara, dan dua gol di Piala Dunia 2010 juga masuk daftar.

Kumi Yokoyama masuk dalam daftar karena golnya terbilang indah. Pemain wanita ini melewati lima pemain sebelum melakukan tembakan ke pojok gawang. Aksi brilian ini diperagakannya saat pertandingan semifinal antara Jepang melawan Korea Utara dalam Piala Dunia U-17.

Pemain Hammarby, klub divisi II Swedia, tak kalah hebat. Linus mengungkit bola melewati pemain lawan dan melakukan tendangan voli dari sudut sempit. Tidak ada yang menyangka tendangannya itu bisa berbuah gol.

Gol Matthew Burrow, saat Glentoran melawan Portadown juga tercatat di antara 10 gol terindah tahun ini. Gol yang tercipta di ajang Liga Irlandia itu dilakukan dengan tendangan voli menggunakan tumit.

Sementara dua gol di Piala Dunia yang masuk ke dalam list yaitu gol pemain Afrika Selatan Siphiwe Tshabalala saa melawan Meksiko dan gol pemain Belanda Giovanni van Bronckhorst saat melawan Uruguay di partai semi-final.

Gol Messi yang dinilai FIFA paling indah ketika Barcelona menghadapi Valencia. Striker Argentina itu sangat lincah melewati barisan pertahanan lawan sebelum mencetak gol.Sedangkan gol Arjen Robben yang dinilai berkelas adalah saat Bayern Munich menghadapi Schalke.

Pesaing lain yaitu pemain Turki Hamit Altintop dengan tendangan jarak jauhnya saat menghadapi Kazakhstan dan pemain Arsenal Samir Nasri di pertandingan Liga Champions melawan FC Porto.

Gol mana yang paling layak mendapat penghargaan gol terbaik? FIFA memasang sejumlah kriteria; keindahan, gol penting, gol yang tercipta tanpa unsur kelalaian lawan dan faktor keberuntungan, fair play, dan waktu di mana gol yang dihitung adalah gol yang tercipta di antara 1 Januari hingga 15 Oktober.
klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 18
    2 Tottenham Hotspur FC 14
    3 Arsenal FC 13
    4 Liverpool 13
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 Real Madrid CF 14
    2 FC Barcelona 13
    3 Athletic Bilbao 12
    4 Sevilla 11
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Juventus 15
    2 Napoli 14
    3 AC Milan 9
    4 AS Roma 8
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 FC Bayern Munich 9
    2 Red Bull Leipzig 7
    3 FC Koln 7
    4 Borussia Dortmund 6