Danone Nations Cup Indonesia 2010 ke Afsel

Kamis, 29 April 2010 - 12:25 wib | Muhayati Faridatun - Okezone

Foto: Ist Foto: Ist JAKARTA - Aqua Danone Nations Cup (AQUA-DNC) Indonesia 2010 segera bergulir. Kompetisi akbar sepakbola anak ini resmi dibuka Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menegpora) Andi Mallarangeng di Jakarta, Kamis (29/4/2010).

AQUA-DNC adalah kompetisi sepakbola anak usia 10-12 tahun terbesar di dunia. Bahkan, event tahunan yang sudah dilaksanakan sejak 2000 lalu ini dinobatkan sebagai Piala Dunia sepakbola anak-anak. Sekira tiga juta anak dari 40 negara akan berpartisipasi dalam DNC tahun ini.

Pembukaan hari ini menandai dimulainya kompetisi AQUA-DNC Indonesia 2010 di 12 kota seluruh Indonesia, yakni Banda Aceh, Medan, Padang, Jakarta, Banten, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Makassar, Banjarmasin, dan Papua. Juara tingkat nasional akan melaju ke putaran Final Dunia DNC, yang akan dilangsungkan di Afrika Selatan (Afsel), mulai 29 September-3 Oktober 2010 mendatang.

“Merupakan bagian dari tanggung jawab sosial Danone Aqua untuk membangun masyarakat Indonesia yang sehat, bukan saja melalui produk-produk kami tapi juga melalui kegiatan sosial, dan AQUA-DNC merupakan salah satu perwujudan komitmen kami terhadap bangsa dan Negara Indonesia,” ujar Bernard Ducros, Presiden Direktur PT Tirta Investama (Danone Aqua), mewakili pimpinan Danone di Indonesia, saat jumpa pers.

“Program yang dimulai oleh Groupe Danone sepuluh tahun lalu ini bertujuan mempromosikan gaya hidup sehat melalui olahraga sekaligus menanamkan nilai-nilai universal sejak dini, seperti semangat keterbukaan, kegembiraan, keikutsertaan, sportivitas, dan persahabatan generasi muda,” tambahnya.

Sementara itu, Menegpora Andi Mallarangeng menyatakan apresiasinya pada Danone Aqua, yang telah memberi kesempatan bagi anak-anak Indonesia mengembangkan prestasi olahraga, khususnya sepakbola.

“Saya selalu bahagia jika setiap cabang olahraga memberi perhatian pada para junior. Tidak ada timnas manapun yang pemain bagusnya tiba-tiba turun dari langit. Bakat alam pun harus diasah. Maka, saya memberikan apresiasi atas apa yang dilakukan Danone, tidak hanya di Indonesia bahkan hingga tingkat dunia,” katanya.

“Indonesia adalah negara besar dan sudah sepantasnya prestasi olahraga mengikuti. Saya optimistis para peserta AQUA-DNC Indonesia tahun ini bisa meraih prestasi di Afrika Selatan nanti. Saya pun berharap ada kelanjutan pembinaan setelah mereka kembali ke Tanah Air,” paparnya.

Di Indonesia sendiri, pendaftaran sudah dibuka dan berakhir pada pertengahan Mei 2010. Babak kualifikasi dan final di setiap kota akan dimulai 22 Mei hingga 20 Juni mendatang. Para pemenang berhak maju ke babak final tingkat nasional, yang sekaligus mewakili Indonesia di ajang Final Dunia DNC 2010 di Afsel.

Selain pemenang 2010, finalis 2009 lalu juga akan berlaga, menyusul Final Dunia DNC 2009 ditunda akibat merebaknya virus H1N1. Atas penundaan ini, maka tim pemenang AQUA-DNC Indonesia 2009, SSB Semarang, baru akan bertanding bersamaan dengan Final Dunia DNC 2010.

Sepanjang digelarnya kompetisi ini, Indonesia belum pernah menjadi finalis tingkat dunia dan keluar sebagai juara. Pretasi terbaik diraih pada 2006 lalu, di mana tim Indonesia berhasil mencapai semifinal. Sedangkan pada 2005, tim Indonesia mendapat predikat The Best Attack Team dan memecahkan rekor pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah DNC, yakni 24 gol.
(far)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »